Analisis Kualitas Pelayanan Pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Muhammad Zein Painan

Sari, Cantika Arman Yulia (2023) Analisis Kualitas Pelayanan Pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Muhammad Zein Painan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_CANTIKA_ARMAN_YULIA_SARI_20134015_320_2024.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dari kualitas pelayanan yang terdiri dari tangibility, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty terhadap kepuasan pasien atas kualitas pelayanan RSUD Dr. Muhammad Zein Painan. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui factor dimensi kualitas pelayanan tersebut manakah yang paling dominan. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Dengan teknik pengumpulan data secara langsung melalui pengisian kuisioner. Sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder. Populasi penelitian ini adalah pasien atau keluarga pasien dari RSUD Dr. Muhammad Zein Painan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Metode penentuan sampel dengan Teknik sampling incidental (accident sampling). Pengujian terhadap hasil kuisioner tersebut menggunakan rumus TCR. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif yaitu bersifat penjelasan dengan uraian yang menggunakan tabel. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari kualitas pelayanan yang terdiri dari Tangibility, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty terhadap kepuasan pasien RSUD Dr. Muhammad Zein Painan. Dimensi emphaty merupakan dimensi yang memberikan pengaruh dominan terhadap kepuasan pasien. Hal ini dapat dilihat dari nilai TCR hitung dimensi empati lebih tinggi dari TCR hitung dimensi lainya dengan rata-rata skor 4,17 dan nilai TCR 83,5% termasuk kedalam ketegori sangat baik. Hal ini berarti jika empati yang diberikan oleh RSUD Dr. Muhammad Zein Painan menyebabkan pasien atau keluarga pasien merasa puas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFitra, HalkadriUNSPECIFIED
CorrectorAndriani, ChichiUNSPECIFIED
CorrectorSarianti, RiniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ANALISIS KUALITAS PELAYANAN
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen Perdagangan - D3
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Apr 2024 07:28
Last Modified: 24 Apr 2024 07:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51464

Actions (login required)

View Item View Item