Sari, Cantika Arman Yulia
(2023)
Analisis Kualitas Pelayanan Pada Rumah Sakit
Umum Daerah Dr. Muhammad Zein Painan.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada
pengaruh yang signifikan dari kualitas pelayanan yang terdiri dari tangibility,
reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty terhadap kepuasan pasien atas
kualitas pelayanan RSUD Dr. Muhammad Zein Painan. Selain itu penelitian ini juga
bertujuan untuk mengetahui factor dimensi kualitas pelayanan tersebut manakah
yang paling dominan. Metode dalam penelitian ini menggunakan deskriptif
kuantitatif. Dengan teknik pengumpulan data secara langsung melalui pengisian
kuisioner. Sumber data diperoleh dari data primer dan sekunder. Populasi penelitian
ini adalah pasien atau keluarga pasien dari RSUD Dr. Muhammad Zein Painan.
Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Metode penentuan sampel
dengan Teknik sampling incidental (accident sampling). Pengujian terhadap hasil
kuisioner tersebut menggunakan rumus TCR. Teknik analisis data yang digunakan
adalah deskriptif yaitu bersifat penjelasan dengan uraian yang menggunakan tabel.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari kualitas
pelayanan yang terdiri dari Tangibility, reliability, responsiveness, assurance, dan
emphaty terhadap kepuasan pasien RSUD Dr. Muhammad Zein Painan. Dimensi
emphaty merupakan dimensi yang memberikan pengaruh dominan terhadap
kepuasan pasien. Hal ini dapat dilihat dari nilai TCR hitung dimensi empati lebih
tinggi dari TCR hitung dimensi lainya dengan rata-rata skor 4,17 dan nilai TCR
83,5% termasuk kedalam ketegori sangat baik. Hal ini berarti jika empati yang
diberikan oleh RSUD Dr. Muhammad Zein Painan menyebabkan pasien atau
keluarga pasien merasa puas.
Actions (login required)
|
View Item |