Pengembangan Model Pelatihan Berbasis Konstruktivisme untuk Guru Bahasa Indonesia

Agusrida, Agusrida (2023) Pengembangan Model Pelatihan Berbasis Konstruktivisme untuk Guru Bahasa Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_AGUSRIDA_1204375_2750_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran yang dilaksanakan narasumber dalam memberikan pelatihan pelaksanaan Kurikulum 2013, khususnya pada guru bahasa Indonesia MTS cenderung bersifat ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Dalam mengimplementasikan hasil pelatihan, widyaiswara tidak melakukan pendampingan kepada guru setelah melakukan pelatihan, sehingga hasil pelaksanaan pelatihan belum memberikan perubahan kepada guru secara signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengembangan model pelatihan berbasis konstruktivisme untuk guru bahasa Indonesia MTs dan untuk menjelaskan validitas, praktikalitas, dan efektivitas model pelatihan berbasis konstruktivisme untuk guru bahasa Indonesia MTs. Jenis penelitian ini adalah penelitian RnD dengan menggunakan model pengembangan ADDIE, yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Produk divalidasi oleh pakar dan diujicobakan pada guru bahasa Indonesia yang terlibat dalam kegiatan musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) bahasa Indonesia MTs di Kota Padang (kelas eksperimen), dan Kabupeten Padang Pariaman (kelas kontrol). Kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing terdiri dari 25 orang guru. Data kuantitatif diperoleh melalui angket, dan data kualitatif diperoleh melalui hasil diskusi, observasi, dan wawancara. Validitas dan praktikalitas produk serta model pelatihan berbasis konstruktivisme ditentukan berdasarkan respon pakar/ahli terhadap kevalidan, dan kepraktisan model ini. Efektivitas model ini ditentukan berdasarkan hasil data peningkatan pengetahuan yang dimiliki peserta sesudah pelaksanaan pelatihan dengan melakukan post-test. Data validitas dan praktikalitas dianalisis menggunakan persentase, serta efektivitas dianalisis menggunakan uji-t eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan model pelatihan berbasis konstruktivisme dengan 4 (empat) produk penelitian berupa buku model PBK GBI, buku panduan widyaiswara PBK GBI, modul PBK GBI, buku panduan peserta PBK GBI dinyatakan valid, praktis dan efektif untuk digunakan. Temuan dalam penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh widyaiswara untuk melaksanakan pelatihan berbasis konstruktivisme dalam meningkatkan kemampuan profesional guru. Dengan demikian, model PBK GBI dapat dijadikan salah satu model dalam pelatihan pada badan atau balai diklat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAtmazaki, AtmazakiUNSPECIFIED
Thesis advisorSyahrul R, Syahrul RUNSPECIFIED
CorrectorErmanto, ErmantoUNSPECIFIED
CorrectorEllizar, EllizarUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 24 Apr 2024 06:55
Last Modified: 24 Apr 2024 06:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51447

Actions (login required)

View Item View Item