Pengaruh Daya Ledak Otot Tungkai, Koordinasi Mata Kaki dan Konsentrasi Terhadap Akurasi Shooting pemain sepakbola SMKN 3 Sungai Penuh

Mohendra, Yogi (2023) Pengaruh Daya Ledak Otot Tungkai, Koordinasi Mata Kaki dan Konsentrasi Terhadap Akurasi Shooting pemain sepakbola SMKN 3 Sungai Penuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_YOGI_MOHENDRA_21199080_2989_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Masalah penelitan ini adalah rendahnya prestasi sepakbola SMKN 3 Sungai Penuh ditandai dengan tidak pernah juara. Tujuan penelitian ini adalah Untuk menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung antara Daya ledak otot tungkai, Koordinasi Mata Kaki secara simultan terhadap akurasi shooting melalui Konsentrasi pada Pemain Sepakbola SMKN 3 Sungai Penuh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Analisis Jalur (Path Analysis). Populasi dalam penelitian ini yaitu pemain sepakbola SMKN 3 Sungai penuh yang berjumlah 31 orang. Dalam penelitian ini sampel ditentukan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 24 orang. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan pendekatan Analisis Jalur (Path Analysis) menggunakan SPSS versi 26. Penelitian ini juga menggunakan teknik pengumpulan data dengan instrumen Daya Ledak Otot Tungkai menggunakan tes Standing Broad Jump, Koordinasi Mata Kaki dengan Tes Kordinasi Mata Kaki, Konsentrasi dengan Grid Consentration Test, dan Akurasi Shooting dengan Tes Shooting At The Ball. Berdasarkan hasil temuan dan pembahasan dapat diambil kesimpulan: 1) Terdapat pengaruh langsung dan signifikan Daya ledak otot tungkai terhadap Akurasi shooting pemain sepakbola SMKN 3 Sungai penuh dengan kontribusinya sebesar 13,1 %, 2) Terdapat pengaruh langsung signifikan Koordinasi Mata Kaki terhadap Akurasi shooting Pemain Sepakbola SMKN 3 Sungai Penuh dengan kontribusinya sebesar 12,8 %, 3) Terdapat pengaruh langsung dan signifikan Konsentrasi terhadap Akurasi shooting Pemain Sepakbola SMKN 3 Sungai Penuh dengan kontribusinya sebesar 13,6 %, 4) Terdapat pengaruh tidak langsung Daya ledak otot tungkai terhadap Akurasi shooting melalui Konsentrasi Pemain Sepakbola SMKN 3 Sungai Penuh dengan kontribusinya sebesar 21,6 %, 5) Terdapat pengaruh tidak langsung Koordinasi Mata Kaki terhadap Akurasi shooting melalui Konsentrasi Pemain Sepakbola SMKN 3 Sungai Penuh dengan kontribusinya sebesar 27,3 % dan 6) Terdapat pengaruh yang signifikan antara Daya ledak otot tungkai , Koordinasi Mata Kaki dan Konsentrasi secara simultan terhadap akurasi shooting Pemain Sepakbola SMKN 3 Sungai Penuh dengan kontribusinya sebesar 53,2 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSin, Tjung HauwUNSPECIFIED
CorrectorArsil, ArsilUNSPECIFIED
CorrectorRasyid, WiladiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 24 Apr 2024 06:54
Last Modified: 24 Apr 2024 06:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51438

Actions (login required)

View Item View Item