Analisis Visualisasi Film Menjelang Magrib Mengenai Tradisis Pasung pada Orang dalam Gangguan Jiwa Menggunakan Teori Semiotika

Ramadhan, Rahmat (2024) Analisis Visualisasi Film Menjelang Magrib Mengenai Tradisis Pasung pada Orang dalam Gangguan Jiwa Menggunakan Teori Semiotika. Skripsi thesis, Fakultas Bahasa dan Seni.

[img]
Preview
Text
B.1_05_RAHMAT_RAMADHAN_19027080_753_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis tanda visual pada film Menjelang Magrib mengenai tradisi pasung pada orang dengan gangguan jiwa menggunakan teori Charles Sanders Pierce. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode analisis isi untuk menganalisis visual dan mengidentifikasi makna yang muncul dalam film. Analisis isi dilakukan dengan cara menganalisis karakter, gesture, pencahayaan dan warna dalam film untuk mengidentifikasi makna yang muncul dalam film tersebut dengan metode ini peneliti dapat mempelajari kasus yang spesifik dan detail. Penelitian ini menggunakan teori semiotika Charles Sanders Pierce melalui aspek ikon, simbol, dan indek yang berfokus pada tradisi pasung pada orang dengan gangguan jiwa yang dialami Nina. Objek penelitian ini adalah film “Menjelang Magrib”. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tradisi pasung yang dilakukan pada orang dengan gangguan jiwa berdampak negatif, karena hal tersebut akan menyakiti mental dan fisik dari orang yang dipasung. Tradisi pasung yang dialami oleh Nina merupakan pesan kampanye sosial untuk menolak praktik tradisi pasung ini sebagai bentuk perjuangan hak asasi manusia yang mana orang dengan gangguan jiwa seharusnya dirawat dengan lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJupriani, JuprianiUNSPECIFIED
CorrectorPebriyeni, EliyaUNSPECIFIED
CorrectorFaisal, DiniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Film, Semiotika, Pasung
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 24 Apr 2024 06:54
Last Modified: 24 Apr 2024 06:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51437

Actions (login required)

View Item View Item