Pengaruh Komposisi Serat Ampas Tebu dan Feses Kuda terhadap Kualitas Biogas dan Slurry yang Dihasilkan Menggunakan Biostarter EM-4

Asfaha, Auzha Hira (2023) Pengaruh Komposisi Serat Ampas Tebu dan Feses Kuda terhadap Kualitas Biogas dan Slurry yang Dihasilkan Menggunakan Biostarter EM-4. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_AUZHA_HIRA_ASFAHA_19034052_213_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kebutuhuan energi yang semakin meningkat terutama dari sumber energi yang berbahan bakar fosil menyebabkan terjadinya krisis energi. Persediaan energi sangat penting untuk dijaga dan diperbarui setiap saat sehingga mampu mencukupi kebutuhan. Solusi dari krisis energi salah satunya dengan cara mengganti sumber energi menjadi energi alternatif berupa biogas. Pemanfaatan limbah pertanian berupa serat ampas tebu dan limbah peternakan berupa feses kuda merupakan komposisi campuran terbaik bahan isian biogas. Produk fermentasi anaerob pada produksi biogas berupa cairan dan slurry. Sisa slurry dapat dimanfaatkan sebagai bahan pupuk organik sehingga diperlukan proses karakterisasi sisa slurry pada produksi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh peranan biostarter EM-4 dan feses kuda terhadap kualitas biogas dan kualitas slurry yang dihasilkan. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Komposisi yang digunakan pada sampel campuran serat ampas tebu (AT) dan feses kuda (FK) adalah 50%AT:50%FK, 40%AT:60%FK, dan 30%AT:70%FK dengan reaktor digester tipe batch. Untuk mengukur kualitas biogas menggunakan parameter nilai pH awal, pH akhir, tekanan gas, temperature gas, dan warna nyala api. Pengukuran pH menggunakan pH meter digital. Pengukuran temperatur gas dan tekanan gas menggunakan TPMS (Tire Pressure Monitoring System). Pada kualitas slurry dianalisis gugus fungsi menggunakan alat FT-IR (Fourier Transformed Infra Red). Hasil menunjukkan indikator kualitas biogas dipengaruhi oleh pemberian biostarter EM-4 dan massa feses kuda. Biostarter EM-4 berfungsi untuk mempercepat proses terbentuknya gas sehingga gas yang dihasilkan banyak dan tekanan gas semakin tinggi. Pada komposisi bahan campuran biogas feses kuda memiliki peranan dalam membantu proses dekomposisi pada serat ampas tebu. Sehingga semakin banyak massa feses kuda yang digunakan pada bahan campuran, maka semakin banyak gas yang dihasilkan. Indikator kualitas biogas yang bagus ditunjukkan dengan hasil uji yala api berwarna biru. Semakin besar tekanan gas yang dihasilkan, maka akan menghasilkan warna nyala api berwarna biru dan semakin besar energi yang terdapat pada kandungan biogas. Pemberian EM-4 dan massa feses kuda juga mempengaruhi kualitas slurry yang dihasilkan. Kandungan EM-4 mengandung gugus fungsi O-H dan massa feses kuda kaya akan dengan unsur nitrogen yang berguna untuk pupuk organik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDarvina, YenniUNSPECIFIED
CorrectorRatnawulan, RatnawulanUNSPECIFIED
CorrectorGusnedi, GusnediUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 24 Apr 2024 04:06
Last Modified: 24 Apr 2024 04:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51417

Actions (login required)

View Item View Item