Pengembangan Sumber Belajar Mandiri Menggunakan TikTok pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia untuk Fase E SMA/MA

Handayani, Bella (2024) Pengembangan Sumber Belajar Mandiri Menggunakan TikTok pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia untuk Fase E SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_Bella_Handayani_19035008_2462_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hukum-hukum dasar kimia merupakan materi pembelajaran kimia fase E SMA/MA. Karakteristik materinya abstrak dan banyak hitungan. Berdasarkan penyebaran angket kepada peserta didik fase E dan guru diperoleh permasalahan sebegai berikut: peserta didik kesulitan memahami materi hukum-hukum dasar kimia dan konsep mol khususnya pada sub materi hukum proust sebanyak 53%, sehingga perserta didik perlu belajar mandiri untuk meningkatkan pemahaman. Belajar mandiri dapat dilakukan dengan memanfaatkan media sosial sesuai salah satu karakteristik peserta didik yaitu menyukai sumber belajar menggunakan teknologi dengan fitur audio visual. Media sosial dapat digunakan sebagai inovasi sumber belajar mandiri yang kekinian salah satunya adalah aplikasi TikTok. Dari hasil penyebaran angket sebanyak 80% peserta didik telah memiliki akun TikTok dan 80% juga tertarik memanfaatkan untuk belajar menggunakan TikTok, tapi belum ditemukan akun yang membahas materi ini secara lengkap. Oleh karena itu penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengembangkan sumber belajar mandiri materi hukum-hukum dasar kimia menggunakan TikTok untuk fase E yang valid dan praktis. Jenis penelitian adalah Educational Design Reserch dengan model pengembangan Plomp. Penelitian ini terdiri dari 3 tahap utama, yaitu: preliminary research, prototyping stage dan assesement phase. Penelitian dibatasi sampai uji praktikalitas prototipe III. Subjek penelitian ini adalah dosen kimia UNP, guru kimia SMAN 5 padang dan peserta didik SMAN 5 Padang. Data dikumpulkan menggunakan angket validitas, dan lembar praktikalitas. Data hasil validasi yang diolah menggunakan formula Aiken’s V. Hasil pengujian sumber belajar mandiri, produk sudah valid menghasilkan nilai Aiken’s V rata-rata sebesar 0,88. Uji praktikalitas menghasilkan media sangat praktis dengan persen praktikalitas berdasarkan penilaian guru sebesar 92%, dengan kategori sangat praktis dan peserta didik 93% (sangat praktis).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuryelita, SuryelitaUNSPECIFIED
CorrectorGuspatni, GuspatniUNSPECIFIED
CorrectorAini, Faizah QurrataUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 24 Apr 2024 04:06
Last Modified: 24 Apr 2024 04:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51416

Actions (login required)

View Item View Item