Pengaruh Penambahan Zat Aditif Polyvinyl alcohol (PVA) terhadap Kualitas Plastik Biodegradable Berbasis Selulosa Bakteri-Gliserol dari Air Kelapa (Cocos nucifera)

Reni, Fatina Rahmi Alamsyah (2023) Pengaruh Penambahan Zat Aditif Polyvinyl alcohol (PVA) terhadap Kualitas Plastik Biodegradable Berbasis Selulosa Bakteri-Gliserol dari Air Kelapa (Cocos nucifera). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_FATINA_RAHMI_ALAMSYAH_RENI_19036008_7399_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Plastik biodegradable adalah plastik yang dapat terurai atau terdegradasi dengan mudah oleh aktivitas mikroorganisme. Tujuan penelitian ini untuk menentukan pengaruh penambahan variasi konsentrasi zat aditif Polyvinyl alcohol tehadap plastik biodegradable serta menentukan karateristik sifat fisik, sifat mekanik dan biodegradasi dari plastik biodegradable. Penelitian ini menggunakan gliserol 3,5% sebagai plastisizer dengan variasi massa PVA yaitu 2 gr, 4 gr, 6 gr dan 8 gr. Hasil uji sifat fisik yang diperoleh yaitu nilai persentase kandungan dan uji penggembungan (swelling) semakin menurun seiring penambahan massa PVA. Hasil optimum dari karakteristik sifat mekanik plastik adalah pada penambahan PVA 8 gr dengan nilai kuat tarik yaitu 126,71 MPa, elongasi 4,19% dan elastisitas 290,14 MPa. Pada pengujian biodegradasi dilakukan uji pada sampel SB, SBG dan SBG-PVA dimana dengan ditambahkanya PVA plastik lebih lambat terdegradasi. Karakteristik gugus fungsi dengan FTIR menunjukkan tidak terbentuknya gugus fungsi baru dan karakteristik kristalinitas plastik dengan XRD pada plastik SB murni sebesar 63,68%, SBG sebesar 67,94%, dan SBG-PVA sebesar 89,03%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutra, AnandaUNSPECIFIED
CorrectorKurniawati, DesyUNSPECIFIED
CorrectorOktavia, BudhiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGARUH PENAMBAHAN ZAT ADITIF POLYVINYL ALCOHOL (PVA)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 24 Apr 2024 04:03
Last Modified: 24 Apr 2024 04:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51407

Actions (login required)

View Item View Item