Perbandingan Algoritma CART dan Algoritma C4.5 untuk Mengklasifikasikan Pasien Penyakit Jantung Koroner di Semen Padang Hospital

Defran, Defal Aditya (2023) Perbandingan Algoritma CART dan Algoritma C4.5 untuk Mengklasifikasikan Pasien Penyakit Jantung Koroner di Semen Padang Hospital. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_10_Defal_Aditya_Defran_19337003_632_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu penyakit jantung yang sangat populer saat ini adalah penyakit jantung koroner (PJK). PJK merupakan salah satu penyakit tidak menular dan bersifat mematikan bagi penderitanya, akan tetapi penyakit ini bisa disembuhkan. Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia dengan prevalensi penyakit jantung lebih tinggi dari rata-rata nasional. Masalah penyakit ini selalu meningkat seiring berkembangnya gaya hidup yang tidak sehat. Setiap jenis PJK mungkin memerlukan pendekatan perawatan yang berbeda. Klasifikasi memungkinkan dokter untuk merancang rencana perawatan yang sesuai dengan jenis dan tingkat keparahan PJK yang dialami oleh pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan model keputusan sebagai penciri utama pasien PJK di Semen Padang Hospital berdasarkan karakteristik yang dimiliki pasien dengan membandingkan kedua teknik klasifikasi yaitu metode analisis pohon keputusan menggunakan algoritma Classification And Regression Trees (CART) dan algoritma C4.5. Algoritma CART dan algoritma C4.5 merupakan salah satu algoritma yang digunakan untuk pembentukan pohon klasifikasi. Data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data sekunder yang diperoleh dari data rekam medis pasien rawat inap di Semen Padang Hospital pada tahun 2022 dengan jumlah data 143 pasien. Dimana variabel yang digunakan adalah variabel usia, jenis kelamin, hipertensi, gula darah, dan kolesterol. Hasil penelitian menggunakan algoritma CART dan C4.5 menghasilkan variabel usia sebagai simpul akar atau sebagai penciri utama dalam klasifikasi pasien PJK di Semen Padang Hospital. Namun, algoritma CART dan C4.5 memiliki perbedaan tingkat akurasi, algoritma CART menghasilkan akurasi sebesar sebesar 67% sedangkan tingkat akurasi algoritma C4.5 sebesar 72%. Sehingga dapat dikatakan bahwa algoritma C4.5 merupakan metode klasifikasi yang lebih baik dalam pengklasifikasian pasien PJK di Semen Padang Hospital dibandingkan algoritma CART.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorPutra, Atus AmadiUNSPECIFIED
CorrectorVionanda, DodiUNSPECIFIED
CorrectorMukhti, Tessy OctaviaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistik-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 24 Apr 2024 04:03
Last Modified: 24 Apr 2024 04:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51401

Actions (login required)

View Item View Item