Pemodelan Spasial Daerah Rawan Konflik Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) di Sekitar Taman Nasional Bukit Tigapuluh Kawasan Provinsi Jambi

Dzaki, Gilang Muhammad (2024) Pemodelan Spasial Daerah Rawan Konflik Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) di Sekitar Taman Nasional Bukit Tigapuluh Kawasan Provinsi Jambi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_GILANG_MUHAMMAD_DZAKI_19136016_1908_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT) merupakan salah satu taman nasional yang berada di Pulau Sumatera dengan keanekaragam hewan dan tumbuhan dilindungi yang hidup di dalamnya, salah satunya adalah gajah sumatera. Maraknya aktivitas manusia seperti perburuan liar, fragmentasi hutan, dan pengrusakan habitat mengakibatkan meningkatnya potensi konflik antara gajah dengan manusia di sekitar TNBT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui di mana lokasi konflik, variabel apakah yang paling berkontribusi, dan bagaimana Konflik Gajah Manusia (KGM) di sekitar Taman Nasional Bukit Tigapuluh (TNBT) Provinsi Jambi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan memanfaatkan aplikasi Maximum Enthropy, dengan data titik konflik gajah sumatera dari tahun 2020-2022 dan variabel lingkungan sebagai data utama. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Kabupaten Tebo merupakan daerah yang sangat berpotensi untuk terjadinya KGM di sekitar TNBT dengan total luas area berpotensi tinggi seluas 46.685 Ha. Variabel lingkungan yang memiliki kontribusi besar adalah tepi hutan dan area perkebunan, sebesar 48,1% dan 24,8% terhadap konflik gajah sumatera di sekitar TNBT kawasan Provinsi Jambi. KGM di sekitar TNBT banyak terjadi di area tepi hutan dan area perkebunan, terutama perkebunan kelapa sawit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
CorrectorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: GAJAH SUMATERA, TAMAN NASIONAL BUKIT TIGAPULUH
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 24 Apr 2024 04:00
Last Modified: 24 Apr 2024 04:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51386

Actions (login required)

View Item View Item