Strategi Guru Sosiologi dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka pada Bidang Studi Sosiologi di SMAN 1 Salimpaung, Tanah Datar

Sapitri, Eka Yulia (2024) Strategi Guru Sosiologi dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka pada Bidang Studi Sosiologi di SMAN 1 Salimpaung, Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_EKA_YULIA_SAPITRI_19058049_783_2024.pdf

Download (901kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru SMAN 1 Salimpaung, Tanah Datar dalam menerapkan kurikulum merdeka pada bidang studi sosiologi. Dalam menerapkan kurikulum merdeka, sekolah ini memilih menerapkan melalui peluang mandiri berubah, pada kenyataannya syarat atau ketentuan dalam menerapkan kurikulum merdeka belum sepenuhnya terpenuhi. Hal ini terbukti dengan adanya hambatan dan kesulitan yang dirasakan guru dalam menerapkan kurikulum merdeka. Realita tersebut membawa peneliti pada satu pertanyaan yaitu bagaimana strategi guru dalam menerapkan kurikulum merdeka di SMAN 1 Salimpaung, Tanah Datar. Untuk menganalisis penelitian ini, penulis menggunakan Teori Aksi dari Talcott Parsons. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Salimpaung, Tanah Datar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus serta teknik pemilihan informan ialah teknik purposive sampling dengan jumlah informan 7 orang informan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru sosiologi dalam menerapkan kurikulum merdeka pada bidang studi sosiologi di SMAN 1 Salimpaung, Tanah Datar adalah terdapat strategi 4 kegiatan yaitu optimalisasi belajar mandiri, mengikuti pelatihan, memperhatikan kebutuhan dan minat peserta didik dan menyusun perencanaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJunaidi, JunaidiUNSPECIFIED
Correctorfernandes, RenoUNSPECIFIED
CorrectorNurlizawati, NurlizawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: BIDANG STUDI SOSIOLOGI, KURIKULUM MERDEKA, STRATEGI GURU SOSIOLOGI
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 23 Apr 2024 07:04
Last Modified: 23 Apr 2024 07:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51345

Actions (login required)

View Item View Item