Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Terintegrasi Markerless Augmented Reality pada Materi Ikatan Kimia Fase F SMA/MA

Yonita, Adilla Rizka (2024) Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Terintegrasi Markerless Augmented Reality pada Materi Ikatan Kimia Fase F SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_07_Adilla_Rizka_Yonita_19035064_1487_2024.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Era revolusi industri 4.0 telah banyak mengubah dan mempengaruhi berbagai aspek dikehidupan kita, termasuk dibidang pendidikan. Salah satu teknologi yang memiliki dampak terbesar saat ini adalah smartphone. Smartphone dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam bentuk aplikasi pembelajaran yang membantu peserta didik memperjelas konsep, menimbulkan semangat belajar, dan akan memberikan pengalaman baru serta menarik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan merancang aplikasi pembelajaran terintegrasi Markerless Augmented Reality pada materi ikatan kimia. Penelitian ini merupakan penelitian Educational Design Resesarch (EDR) menggunakan model pengembangan Plomp. Subjek penelitian ini adalah enam orang validator sebagai sasaran uji validasi dan praktikalitas. Selain itu, juga beberapa peserta didik dari masing-masing sekolah tersebut sebagai sasaran wawancara one-to-one evaluation dan uji praktikalitas. Instrumen penelitian berupa lembar angket penelitian awal, checklist self evaluation, uji validasi, wawancara one-to-one evaluation, dan uji praktikalitas. Data penelitian yang diperoleh dari uji validasi dan uji parktikalitas dianalisis menggunakan indeks Aiken. Berdasarkan hasil expert review dengan enam orang ahli yang memberi respon terhadap angket dengan berskala tujuh, diperoleh hasil bahwa aplikasi pembelajaran yang dikembangkan sudah valid. Data hasil dari one-to-one evaluation dengan sembilan orang penilai menyatakan bahwa aplikasi pembelajaran yang telah dikembangkan memiliki instruksi yang jelas dan layak digunakan. Berdasarkan hasil small group dengan 12 orang penilai, diperoleh data bahwa aplikasi pembelajaran yang dikembangkan sudah praktis. Jadi, aplikasi pembelajaran terintegrasi Markerless Augmented Reality pada materi ikatan kimia fase F SMA/MA yang dikembangkan sudah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGuspatni, GuspatniUNSPECIFIED
CorrectorYusmaita, EkaUNSPECIFIED
CorrectorRiga, RigaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 22 Apr 2024 08:11
Last Modified: 22 Apr 2024 08:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51299

Actions (login required)

View Item View Item