Yonita, Adilla Rizka
(2024)
Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Terintegrasi
Markerless Augmented Reality pada Materi Ikatan
Kimia Fase F SMA/MA.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Era revolusi industri 4.0 telah banyak mengubah dan mempengaruhi
berbagai aspek dikehidupan kita, termasuk dibidang pendidikan. Salah satu
teknologi yang memiliki dampak terbesar saat ini adalah smartphone. Smartphone
dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam bentuk aplikasi pembelajaran
yang membantu peserta didik memperjelas konsep, menimbulkan semangat belajar,
dan akan memberikan pengalaman baru serta menarik. Penelitian ini dilakukan
dengan tujuan merancang aplikasi pembelajaran terintegrasi Markerless Augmented
Reality pada materi ikatan kimia.
Penelitian ini merupakan penelitian Educational Design Resesarch (EDR)
menggunakan model pengembangan Plomp. Subjek penelitian ini adalah enam
orang validator sebagai sasaran uji validasi dan praktikalitas. Selain itu, juga
beberapa peserta didik dari masing-masing sekolah tersebut sebagai sasaran
wawancara one-to-one evaluation dan uji praktikalitas. Instrumen penelitian berupa
lembar angket penelitian awal, checklist self evaluation, uji validasi, wawancara
one-to-one evaluation, dan uji praktikalitas. Data penelitian yang diperoleh dari uji
validasi dan uji parktikalitas dianalisis menggunakan indeks Aiken.
Berdasarkan hasil expert review dengan enam orang ahli yang memberi
respon terhadap angket dengan berskala tujuh, diperoleh hasil bahwa aplikasi
pembelajaran yang dikembangkan sudah valid. Data hasil dari one-to-one
evaluation dengan sembilan orang penilai menyatakan bahwa aplikasi
pembelajaran yang telah dikembangkan memiliki instruksi yang jelas dan layak
digunakan. Berdasarkan hasil small group dengan 12 orang penilai, diperoleh data
bahwa aplikasi pembelajaran yang dikembangkan sudah praktis. Jadi, aplikasi
pembelajaran terintegrasi Markerless Augmented Reality pada materi ikatan kimia
fase F SMA/MA yang dikembangkan sudah valid dan praktis.
Actions (login required)
|
View Item |