Nilai-nilai Patriotisme dalam Novel Bila Malam Bertambah Malam Karya Putu Wijaya dan Implikasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

Latif, Muhammad (2023) Nilai-nilai Patriotisme dalam Novel Bila Malam Bertambah Malam Karya Putu Wijaya dan Implikasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_MUHAMMAD_LATIF_17016112_6755_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan nilai-nilai patriotisme yang terdapat dalam novel Bila Malam Bertambah Malam karya Putu Wijaya. Kedua, mendeskripsikan implikasi nilai-nilai patriotisme yang terdapat dalam novel Bila Malam Bertambah Malam karya Putu Wijaya dalam pembelajaran teks novel kelas XII SMA. Teknik pengumpulan data penelitian ini, yaitu membaca dan memahami novel Bila Malam Bertambah Malam karya Putu Wijaya secara keseluruhan, kemudian mencatat data yang berhubungan dengan nilai-nilai multikulturalisme berupa satuan peristiwa dan perilaku tokoh. Teknik penganalisian data penelitian ini, yaitu mendeskripsikan tentang nilai-nilai multikulturalisme pada novel Bila Malam Bertambah Malam karya Putu Wijaya yang terlihat dalam satuan peristiwa tokoh, mengklasifikasikan, menganalisis data, menginterpretasikan, dan menyusun laporan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa dalam novel Bila Malam Bertambah Malam karya Putu Wijaya terdapat nilai-nilai patriotisme, yaitu adanya sikap untuk cinta terhadap tanah air dengan cara memiliki jiwa tanggung jawab, rasa cinta terhadap simbol negara, mencintai profesi guru, rasa berhutang budi, mendukung program pemerintah dan rasa cinta pada muridnya. Nilai-nilai patriotisme pada novel Bila Malam Bertambah Malam karya Putu Wijaya dapat diimplikasikan dalam setiap pembelajaran, di luar pembelajaran, di lingkungan sekolah, di lingkungan masyarakat, dan orang sekitar. Nilai-nilai patriotisme ini dapat menjadikan setiap orang untuk menghargai perbedaan budaya, ras, suku, dan agama. Kemudian, hasil penelitian ini dapat diimplikasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia dan pembelajaran lainnya baik di dalam kelas maupun di luar kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAnggraini, DewiUNSPECIFIED
CorrectorSyahrul, SyahrulUNSPECIFIED
CorrectorFarel Olva, ZuveUNSPECIFIED
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 22 Apr 2024 08:11
Last Modified: 22 Apr 2024 08:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51298

Actions (login required)

View Item View Item