Pengaruh Pendekatan Bermain, Konvensional dan Status Gizi Terhadap Keterampilan Gerak Dasar Murid Sekolah Dasar Angkasa

Andika, Heru (2023) Pengaruh Pendekatan Bermain, Konvensional dan Status Gizi Terhadap Keterampilan Gerak Dasar Murid Sekolah Dasar Angkasa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_HERU_ANDIKA_21199027_6080_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran dan status gizi murid sekolah dasar Angkassa Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah experiment semu dengan jumlah sampel sebanyak 40 orang yang didasarkan pada pertimbangan tertentu. Keterampilan gerak dasar didapatkan dengan tes TGMD-2 yang terdiri dari objek control dan lokomotor, kemudian data status gizi didapatkan dengan pengukuran tinggi badan dan berat badan selain itu peneliti juga menggunakan pendekatan bermain dan konvensional. Data dianalisis menggunakan teknik analisis of varian (ANOVA) dua jalur dengan rancangan Faktorial 2x2. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan keterampilan gerak asar murid dengan pendekatan bermain dan konvensional dengan nilai Sig 0.000 < 0.05. 2) Terdapat interaksi antara pendekatan belajar dengan status gizi, didapatkan nilai Sig antara pendekatan belajar dengan status gizi sebesar 0.001 < 0.05. 3) Terdapat perbedaan keterampilan gerak dasar murid yang diberi pendekatan bermain dan konvensional yang memiliki status gizi tinggi dengan nilai Qhitung 8.41 > Qtabel 3.85. 4) Terdapat perbedaan keterampilan gerak dasar murid yang diberi pendekatan bermain dan konvensional yang memiliki status gizi rendah dengan nilai Qhitung -2.10 < Qtabel 3.85

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRasyid, WiladiUNSPECIFIED
CorrectorGusril, GusrilUNSPECIFIED
CorrectorBakhtiar, SyahrialUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 22 Apr 2024 07:11
Last Modified: 22 Apr 2024 07:11
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51296

Actions (login required)

View Item View Item