Pengaruh Kelincahan, Koordinasi Mata Tangan Dan Konsentrasi Terhadap Keterampilan Bermain Bulutangkis Atlit Sumatera Barat

Halim, Haryadi (2023) Pengaruh Kelincahan, Koordinasi Mata Tangan Dan Konsentrasi Terhadap Keterampilan Bermain Bulutangkis Atlit Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_HARYADI_HALIM_20199072_3785_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya kelincahan gerakan, koordinasi mata tangan, dan kurangnya konsentrasi saat melakukan keterampilan bermain bulutangkis atlit Sumatera Barat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung kelincahan, koordinasi mata tangan, dan konsentrasi terhadap keterampilan bermain bulutangkis atlet Sumbar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif inferensial dengan model path analysis. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan 21 atlet dari total populasi 90 atlet. Teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada pengaruh langsung kelincahan terhadap keterampilan bermain bulu tangkis atlet Sumbar, 2) Ada pengaruh langsung koordinasi mata tangan terhadap keterampilan bermain bulu tangkis atlet Sumbar, 3) Terdapat ada pengaruh langsung konsentrasi terhadap keterampilan bermain bulu tangkis atlet Sumbar, 4) Ada pengaruh langsung kelincahan melalui konsentrasi terhadap keterampilan bermain bulu tangkis atlet Sumbar, 5) Ada pengaruh langsung mata-tangan koordinasi melalui pemusatan keterampilan bermain bulutangkis pada atlet Sumbar. Dari hasil penelitian tersebut, seharusnya pelatih memiliki beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mencapai prestasi yaitu faktor kondisi fisik, teknik, taktis, dan mental, dimana keterampilan dimulai dari kemampuan teknik dasar yang harus dikuasai dengan baik yaitu fisik. Syarat yang diberikan sesuai dengan kebutuhan atlet, dan mentalitasnya adalah menambah jam terbang atlet untuk menambah pengalaman mental atlet saat bertanding.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDonie, DonieUNSPECIFIED
CorrectorWahyuri, Asep SujanaUNSPECIFIED
CorrectorYones, RonniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 22 Apr 2024 07:07
Last Modified: 22 Apr 2024 07:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51294

Actions (login required)

View Item View Item