Pengaruh Kekuatan Otot Lengan, Koordinasi Mata-Tangan dan Konsentrasi terhadap Kemampuan Free Throw Atlet Bolabasket Binuang Sakti Kabupaten Sijunjung.(Pendekatan Analisis Jalur (Path Analysis))

Andriani, Fitrya Mustika (2023) Pengaruh Kekuatan Otot Lengan, Koordinasi Mata-Tangan dan Konsentrasi terhadap Kemampuan Free Throw Atlet Bolabasket Binuang Sakti Kabupaten Sijunjung.(Pendekatan Analisis Jalur (Path Analysis)). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_FITRYA_MUSTIKA_ANDRIANI_21199074_1941_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan free throw atlet bolabasket Binuang Sakti Kabupaten Sijunjung. Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mengungkap pengaruh Kekuatan otot lengan, koordinasi mata tangan dan konsentrasi terhadap kemampuan free throw. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan analisis jalur (Path analysis). Populasi dalam penelitian ini seluruh atlet bolabasket Binuang Sakti Kabupaten Sijunjung yang berjumlah 39 orang, terdiri dari 25 putera dan 14 puteri. Teknik penarikan sampel adalah dengan teknik purposive sampling, dimana mengambil sampel atlet putera saja sebanyak 24 orang. Data yang dikumpulkan dengan melakukan tes push up untuk kekuatan otot lengan, lempar tangkap bola ke dinding untuk mengukur koordinasi mata-tangan, grid concentration test untuk mengukur konsentrasi dan tes free throw sebanyak 10 kali pengulangan. Hasil penelitian dan analisis menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh langsung kekuatan otot lengan terhadap free throw, di dapat Py1 sebesar 0,235 atau 6,4%. (2) Terdapat pengaruh langsung koordinasi mata-tangan terhadap free throw, di dapat Py2 sebesar 0,217 atau 4,7%. (3) Terdapat pengaruh langsung konsentrasi terhadap free throw, di dapat Py3 sebesar 0,587 atau 34,4%. (4) Terdapat pengaruh tidak langsung kekuatan otot lengan terhadap konsentrasi, di dapat P31.py3 sebesar 0,246 atau 6,1%. (5) Terdapat pengaruh tidak langsung koordinasi mata tangan terhadap konsentrasi, di dapat P32.py3 sebesar 0,279 atau 7,8%. (6) Terdapat pengaruh kekuatan otot lengan, koordinasi mata tangan dan konsentrasi secara bersama-sama terhadap kemampuan free throw atlet bolabasket Binuang Sakti Kabupaten Sijunjung (Rsquare = 0,926 atau 92,6%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRasyid, WiladiUNSPECIFIED
CorrectorNeldi, HendriUNSPECIFIED
CorrectorRifki, Muhammad SazeliUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 22 Apr 2024 07:03
Last Modified: 22 Apr 2024 07:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51293

Actions (login required)

View Item View Item