Adaptasi Guru Sosiologi Sekolah Penggerak di Kota Padang terhadap Kurikulum Merdeka

Rahmadani, Annisa (2024) Adaptasi Guru Sosiologi Sekolah Penggerak di Kota Padang terhadap Kurikulum Merdeka. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_ANNISA_RAHMA_DANI_18058129_17_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagamaina proses adaptasi guru terhahap kurikulum merdeka. Latar belakang penelitian ini dilihat dari adanya perubahan kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka. Perubahan yang terjadi adalah : 1) RPP diganti menjadi modul ajar 2) diterapkannya profil pelajar pancasila 3) diadakannya projek sekolah 4) Kemampuan siswa sudah dibedakan berdasarkan hasil tes diagnostic dan IQ. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2,3,7,9 dan 15 Padang. Teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini adalah teori A,G,I,L oleh Talcoot Parsons.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik dalam pemilihan informan adalah purposive sampling dengan jumlah informan sebanyak 13 orang informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi dan wawancara. Data yang diperoleh dari penelitian kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data yang digunakan adalah teknik tringulasi, pengecekan data kembali dengan teknik yang berbeda sehingga mendapatkan data yang valid. Teknik analisis data dari Miles dan Huberman. Lokasi penelitian dilakukan di SMA Negeri 2,3,7,9 dan 15 Padang. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan guru dalam beradaptasi dengan kurikulum merdeka sudah mulai banyak guru yang bisa menerapkan pembelajaran berdiferensiasi, pembelajaran berdiferensiasi yang sudah diterapkan oleh guru adalah pada pengerjaan tugas, guru memberikan kebebasan kepada siswa dalam pengerjaan tugas. Guru sudah tidak lagi menyamaratakan kemampuan siswa karena siswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Kemampuan ini bisa kita lihat melalui tes diagnostic dan tes IQ untuk yang non kognitifnya. Media pembelajaran yang digunakan guru sudah mulai bervariasi, guru sudah menggunakan ppt dan penampilan video dalam proses belajar mengajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurlizawati, NurlizawatiUNSPECIFIED
Correctorfernandes, RenoUNSPECIFIED
CorrectorNora, DesriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: ADAPTASI,GURU,KURIKULUM MERDEKA
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Apr 2024 07:01
Last Modified: 22 Apr 2024 07:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51291

Actions (login required)

View Item View Item