Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Canva For Education pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 12 Padang

Hasanah, Anisa Nur (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Komik Berbasis Canva For Education pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 12 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_04_ANISA_NUR_HASANAH_19058134_496_2024.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk menghasilkan pengembangan media pembelajaran komik berbasis canva for education, (2) untuk mengetahui validitas/kelayakan media komik berbasis canva for education pada mata pelajaran sosiologi KD 3.2, (3) untuk mengetahui kpepraktisan media pembelajaran komik berbasis canva for education. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan instrument penelitian berupa angket penelitian untuk uji validasi/kelayakan dan uji kepraktisan media pembelajaran, serta soal pre-test dan post-test untuk uji efektivitas. Penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran komik yang dapat diterapkan di dalam kelas. Pengembangan media pembelajaran komik berbasis canva for education menggunakan KD 3.2. Hasil validitas media yang diperoleh dari ahli media, yaitu 77,6% dengan kategori layak. Hasil yang diperoleh dari ahli materi, yaitu 85,3% dengan kategori layak. Hasil kepraktisan komik oleh guru, yaitu 98,4% dengan kategori sangat praktis. Hasil yang diperoleh dari kepraktisan peserta didik adalah 80,75% dengan katerogori praktis. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran komik berbasis canva for education sangat praktis.Hasil efektivitas media pembelajaran komik memperoleh nilai rata-rata pre-test 51,09 dan nilai rata-rata post-test 75,94terdapat peningkatan hasil belajar sosiologi khususnya pada materi masalah sosial di kelas XI-IPS 3 SMA Negeri 12 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFernandes, RenoUNSPECIFIED
CorrectorFebriani, Eka AsihUNSPECIFIED
CorrectorGautama, Muhammad IsaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, CANVA
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Apr 2024 05:17
Last Modified: 22 Apr 2024 05:17
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51287

Actions (login required)

View Item View Item