Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka di Studi Kasus Sma Negeri 1 Tilatang Kamang Kabupaten Agam

Zikri, Afdhal (2024) Problematika Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka di Studi Kasus Sma Negeri 1 Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_AFDHAL_ZIKRI_19045052_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) problematika guru dalam menyusun perangkat ajar, 2) problematika guru dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dan 3) problematika guru dalam melakukan assesmen di SMA Negeri 1 Tilatang Kamang. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan metode kualitatif yang dilakukan dengan informan sebanyak 17 orang yang terdiri dari guru mata pelajaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat ajar yang digunakan guru yaitu modul ajar, modul projek dan buku teks. Kendala yang di hadapi dalam menyusun modul ajar dan modul projek yaitu dalam pembuatan modul ajar dan modul projek rata-rata guru membuatnya secara mandiri berdasarkan buku pedoman pemerintah. Kendala dalam merancang modul ajar dan modul projek ini terletak pada kurangnya waktu dalam pembuatannya, dan waktu administrasi yang lama, serta terjadinya perbedaan dengan yang ada di dalam modul dengan yang terjadi di lapangan. Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang dikembangkan untuk merespon kebutuhan murid dalam belajar yang bisa berbeda-beda, meliputi kesiapan belajar, minat, potensi, atau gaya belajarnya. Pada pembelajaran berdiferensiasi guru telah mempratikkannya didalam kelas, dengan mendapatkan beberapa kendala yaitu sulitnya dalam memilih model pembelajaran yang cocok untuk siswa, dikarenakan karakter siswa yang berbeda-beda maka guru harus mempersiapkan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Dalam memahami asesmen kurikulum merdeka guru menyatakan telah memahami cukup baik assesmen tersebut. Namun, terdapat beberapa kendala dalam melaksanakannya yaitu, sulit dalam membuat stimulus untuk soal-soal yang ada, karena membutuhkan waktu yang lama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNovio, ReryUNSPECIFIED
CorrectorAfdhal, AfdhalUNSPECIFIED
CorrectorNofrion, NofrionUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PROBLEMATIKA GURU, KURIKULUM MERDEKA
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 Apr 2024 04:41
Last Modified: 22 Apr 2024 04:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51283

Actions (login required)

View Item View Item