Strategi Pengembangan Daya Tarik Wisata Pemandian Pincuran Tujuh di Kabupaten Sijunjung.

Khairani, Nola (2024) Strategi Pengembangan Daya Tarik Wisata Pemandian Pincuran Tujuh di Kabupaten Sijunjung. Skripsi thesis, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan.

[img]
Preview
Text
B1_4_NOLA_KHAIRANI _19135234_1322_2024.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurang berkembangnya daya tarik wisata yang dilihat dari Attraction, Accessibility, Amenity, Ancillary Service di Pemandian Pincuran Tujuh di Kabupaten Sijunjung. Tujuan penelitian ini adalah untuk merumuskan strategi pengembangan daya tarik wisata Pemandian Pincuran Tujuh di Kabupaten Sijunjung dengan menggunakan analisis SWOT yang berasal dari faktor internal (kekuatan dan kelemahan) serta faktor eksternal (peluang dan ancaman). Penelitian ini bersifat deskriptif dengan data kualitatif yang diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan informan penelitian dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Informan penelitiannya yaitu: Disparpora, Wali Nagari Muaro, Sekretaris Nagari Muaro, pengelola Pemandian Pincuran Tujuh, masyarakat sekitar pemandian Pincuran Tujuh dan pengunjung yang datang ke Pemandian Pincuran Tujuh. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, pengambilan kesimpulan, dan analisis strategi. Secara keseluruhan, hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemandian Pincuran Tujuh memiliki kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dapat diidentifikasi untuk pengembangan. Strategi pengembangan yang dapat diusulkan melibatkan: 1) Pengembangan atraksi wisata seperti kolam renang untuk orang dewasa dan taman bunga untuk tempat foto, dengan memaksimalkan pemanfaatan lahan yang tersedia. 2) Peningkatan aksesibilitas melalui pembuatan petunjuk jalan, serta melibatkan partisipasi masyarakat dalam proyek pembuatan petunjuk jalan. 3) Peningkatan fasilitas dengan fokus pada keamanan, kenyamanan, dan perluasan kapasitas di area toilet, ruang bilas, dan lahan parkir, serta kerjasama dengan pemerintah untuk perluasan fasilitas yang ada. 4) Ketersediaan pusat informasi, keamanan, dan promosi yang optimal dengan memanfaatkan sumber daya manusia untuk memberikan informasi yang jelas dan membuat pengunjung merasa nyaman selama berada di Pemandian Pincuran Tujuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYuliana, YulianaUNSPECIFIED
CorrectorAsnur, LiseUNSPECIFIED
CorrectorFiza, Ade KurniaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: STRATEGI, DAYA TARIK WISATA, WISATAWAN
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
H Social Sciences > HZ Management
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 22 Apr 2024 03:33
Last Modified: 22 Apr 2024 03:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51279

Actions (login required)

View Item View Item