Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Menggunakan Google Sites pada Mata Pelajaran Informatika Sekolah Menengah Kejuruan

Yanto, Rudi (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Menggunakan Google Sites pada Mata Pelajaran Informatika Sekolah Menengah Kejuruan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_RUDI_YANTO_21138044_7894_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kebutuhan pembelajaran peserta didik di era sekarang ini dapat diwujudkan dengan konsep belajar yang membuat peserta didik aktif, inovatif dan memberikan kenyamanan. Penggunaan media dan sumber belajar digital yang masih terbatas menyebabkan penguasaan konsep yang berkaitan dengan dimensi kognitif pada mata pelajaran Informatika yang diperoleh peserta didik belum semuanya meraih Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Web dengan Google Sites kemudian menilai validitas, kepraktisan, dan keefektifan media tersebut. Penelitian ini menggunakan teknik R&D (Research and Development) dengan model pengembangan 4-D (Four-D Model). Pengumpulan data menggunakan 3 jenis angket yang terdiri dari angket validasi media, materi, dan bahasa. Untuk menguji keefektifan media digunakan soal Pretest dan Posttest yang telah melalui proses validasi, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran. Hasil pengujian seluruh validasi menunjukkan rata-rata indeks validitas sebesar 0,919 dengan kriteria Sangat Layak. Kepraktisan media berada pada kategori Sangat Praktis, dengan rata-rata persentase kepraktisan sebesar 84,91% yang diperoleh dari guru dan peserta didik. Tingkat keefektifan media adalah Cukup Efektif dengan persentase rata-rata skor N-Gain sebesar 60,77% dan nilai T-Test sebesar 0,000 yang berarti bahwa media dapat dimanfaatkan secara efektif dalam pembelajaran Informatika SMK. Penelitian ini melakukan uji coba pada siswa yang baru menerapkan kurikulum Merdeka. Media ajar berbasis Web dengan menggunakan Google Sites hasil pengembangan diharapkan dapat digunakan untuk pembelajaran Informatika agar memudahkan siswa dalam memahami materi yang disampaikan guru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWaskito, WaskitoUNSPECIFIED
CorrectorEffendi, HansiUNSPECIFIED
CorrectorPurwanto, WawanUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 22 Apr 2024 01:42
Last Modified: 22 Apr 2024 01:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51270

Actions (login required)

View Item View Item