Yanto, Rudi
(2023)
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Menggunakan Google Sites pada Mata Pelajaran Informatika Sekolah Menengah Kejuruan.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Kebutuhan pembelajaran peserta didik di era sekarang ini dapat diwujudkan
dengan konsep belajar yang membuat peserta didik aktif, inovatif dan
memberikan kenyamanan. Penggunaan media dan sumber belajar digital yang
masih terbatas menyebabkan penguasaan konsep yang berkaitan dengan dimensi
kognitif pada mata pelajaran Informatika yang diperoleh peserta didik belum
semuanya meraih Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran
berbasis Web dengan Google Sites kemudian menilai validitas, kepraktisan, dan
keefektifan media tersebut. Penelitian ini menggunakan teknik R&D (Research
and Development) dengan model pengembangan 4-D (Four-D Model).
Pengumpulan data menggunakan 3 jenis angket yang terdiri dari angket validasi
media, materi, dan bahasa. Untuk menguji keefektifan media digunakan soal
Pretest dan Posttest yang telah melalui proses validasi, reliabilitas, daya pembeda
dan tingkat kesukaran.
Hasil pengujian seluruh validasi menunjukkan rata-rata indeks validitas
sebesar 0,919 dengan kriteria Sangat Layak. Kepraktisan media berada pada
kategori Sangat Praktis, dengan rata-rata persentase kepraktisan sebesar 84,91%
yang diperoleh dari guru dan peserta didik. Tingkat keefektifan media adalah
Cukup Efektif dengan persentase rata-rata skor N-Gain sebesar 60,77% dan nilai
T-Test sebesar 0,000 yang berarti bahwa media dapat dimanfaatkan secara efektif
dalam pembelajaran Informatika SMK. Penelitian ini melakukan uji coba pada
siswa yang baru menerapkan kurikulum Merdeka. Media ajar berbasis Web
dengan menggunakan Google Sites hasil pengembangan diharapkan dapat
digunakan untuk pembelajaran Informatika agar memudahkan siswa dalam
memahami materi yang disampaikan guru
Actions (login required)
|
View Item |