Harahap, Rasyid Ridho
(2023)
Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sei Kanan.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahu pengaruh
kepemimpinan kepala sekolah kepada kinerja guru, 2) untuk mengetahui pengaruh
budaya organisasi kepada kinerja guru, 3) untuk mengetahui pengaruh motivasi
berprestasi terhadap kinerja guru, 4) untuk mengetahui secara bersama-sama
pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi dan motivasi berprestasi
terhadap kinerja guru. Jenis penelitian yang dipakai merupakan kuantitatif serta
memakai pendekatan deskriftif. Adapun cara yang dipakai didalam menemukan hasil
penetian dengan penyebaran angket.
Penelitian ini bekerja dengan menggunakan empat hipotesis: 1) secara parsial
terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap
kinerja guru, 2) secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan budaya
organisasi terhadap kinerja guru, 3) secara parsial terdapat pengaruh positif dan
signifikan motivasi berprestasi terhadap kinerja guru, 4) secara bersama-sama
terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah, budaya
organisasi serta motivasi berprestasi terhadap kinerja guru.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah: 1) kepemimpinan kepala sekolah
memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja guru sebesar 34,2%.
Hal tersebut menandakan kepemimpinan kepala sekolah makin baik maka kinerja
guru semakin baik dan sebaliknya, 2) budaya organisasi memiliki pengaruh positif
dan signifikan terhadap kinerja guru sebesar 34,6%. Berdasarkan hasil tersebut
memperlihatkan makin baik ataupun bagus budaya organisasi maka akan makin baik
dan bagus pula kinerja guru dan sebaliknya, 3) motivasi berprestasi memiliki
pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru sebesar 30,9%. Berdasarkan
hasil tersebut memperlihatkan semakin baik motivasi berprestasi maka akan semakin
baik pula kinerja guru, 4) kepemimpinan sekolah, budaya organisasi dan motivasi
berprestasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru (51,1%)
Actions (login required)
|
View Item |