Pengembangan E-Modul berbasis Flipbook dengan Case Method pada Mata Kuliah Pengujian Kendaraan

Kelana, Ananda Jaka (2023) Pengembangan E-Modul berbasis Flipbook dengan Case Method pada Mata Kuliah Pengujian Kendaraan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_ANANDA_JAKA _KELANA_21138011_1821_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal dan wawancara yang dilakukan dengan dosen di Jurusan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang pada bulan Oktober 2022, diketahui terdapat beberapa persoalan atau kendala dalam pembelajaran Pengujian Kendaraan. Materi Pengujian Kendaraan yang cukup luas dan memerlukan diskusi panjang harus dijelaskan dengan cepat dalam 1 sks teori. Keterbatasan jumlah waktu yang tersedia untuk pengajaran tatap muka langsung tidak cukup bagi dosen Pengujian Kendaraan untuk menjelaskannya secara lengkap kepada mahasiswa. Mata kuliah Pengujian kendaraan juga tidak memiliki bahan ajar yang mendukung pembelajaran mandiri seperti modul agar mahasiswa bisa belajar mandiri tampa harus selalu bergantung kepada dosen, sekaligus bisa mengatasi permasalahan jumlah waktu yang terbatas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R and D), dan model pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahap, yaitu: define, design, develop dan dessiminate. Jenis data yaitu data primer dimana data yang diberikan oleh validator, dosen, dan mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan e-modul berbasis flipbook dengan case method. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini sebagai berikut: 1) Terciptanya sebuah e-modul berbasis flipbook dengan case method pada mata kuliah Pengujian Kendaraan, 2) Validitas media modul 0,929 dengan kategori valid dan validitas materi modul 0,945 dengan kategori valid, 3) Praktikalitas e-modul berbasis flipbook dengan case method pada mata kuliah Pengujian Kendaraan berdasarkan respon dosen dinyatakan sangat praktis dengan nilai 95,71 %, dan berdasarkan respon mahasiswa dinyatakan sangat praktis dengan nilai 85,96 % (4) Efektivitas e-modul berbasis flipbook dengan case method pada mata kuliah Pengujian Kendaraan dinyatakan efektif dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa e-modul berbasis flipbook dengan case method pada mata kuliah Pengujian Kendaraan ini valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrfan, DedyUNSPECIFIED
CorrectorMaksum, HasanUNSPECIFIED
CorrectorWulandari, Rizky EmaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 19 Apr 2024 08:56
Last Modified: 19 Apr 2024 08:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51266

Actions (login required)

View Item View Item