Pengaruh Fasilitas Kamar Terhadap Kepuasan Tamu Menginap di Hotel Pesona Alam Sangir

Sari, Novella Yolanda (2023) Pengaruh Fasilitas Kamar Terhadap Kepuasan Tamu Menginap di Hotel Pesona Alam Sangir. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1-4_NOVELLA_YOLANDA_SARI_19135035_7760_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengalisis pengaruh fasilitas kamar terhadap kepuasan tamu menginap di hotel Pesona Alam Sangir. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya tamu yang tidak puas terhadap fasilitas kamar di hotel Pesona Alam Sangir sehingga mempengaruhi kepuasan tamu menginap hotel Pesona Alam Sangir yang menyababkan loyalitas tamu menajadi rendah, serta tingkat hunian kamar yang fluktuatif. Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan fasilitas kamar, Mendeskripsikan kepuasan tamu dan Menganalisis pengaruh fasilitas kamar terhadap kepuasan tamu menginap dihotel Pesona Alam Sangir. J enis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah tamu yang menginap di Hotel Pesona Alam Sangir yang berjumlah 470 orang dengan sampel 21 7 orang. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu non problability sampling dengan teknik purposive sampling. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif kuantitatif, uji asumsi (uji normalitas, uji linearitas, dan uji koefisien determinasi). Sampel yang digunakan adalah tamu yang menginap dihotel Pesona Alam Sangir. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Fasilitas kamar berada pada kategori cukup baik secara keseluruhan dengan persentase (38%), (2) Kepuasan tamu berada pada kategori cukup baik secara keseluruhan dengan persentase (49%), (3) Hasil uji regresi linear sederhana diperoleh nilai F hitung 686,500 dengan sig 0,000 <0.05 maka regresi dapat dipakai. Artinya fasilitas kamar berpengaruh signifikan terhadap kepuasan tamu. Hasil persamaan koefisien regresi sebesar 0,854 dengan sig. 0,000 < 0,05, artinya setiap peningkatan sebesar 1 satuan fasilitas kamar akan meningkatkan 1 satuan kepuasan tamu. Kemudian nilai R Square sebesar 0,762. Artinya fasilitas kamar mempengaruhi kepuasan tamu sebesar 76,2%, sedangkan 23,8% di pengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorManvi, Kurnia IllahiUNSPECIFIED
CorrectorFerdian, FeriUNSPECIFIED
CorrectorAbrian, YoumilUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 19 Apr 2024 08:04
Last Modified: 19 Apr 2024 08:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51252

Actions (login required)

View Item View Item