Analisis Keterampilan Belajar (Learning Skills) dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Daring Berbasis Padlet pada Mata Pelajaran Geografi

Utomo, Erwin Pri (2023) Analisis Keterampilan Belajar (Learning Skills) dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Daring Berbasis Padlet pada Mata Pelajaran Geografi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_ERWIN_PRI_UTOMO_20198011_1851_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan belajar (learning skills) dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran daring berbasis padlet pada mata pelajaran geografi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan belajar (learning skills) siswa dalam pembelajaran geografi selama pembelajaran daring. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memperbaiki proses pembelajaran adalah dengan melaksanakan pembelajaran menggunakan aplikasi Padlet. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IIS 3 SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang sebagai kelas kelas eksperimen dan kelas XI IIS 4 sebagai kelas kontrol. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi keterampilan belajar siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penelitian membuktikan bahwa keterampilan belajar siswa lebih tinggi saat belajar dengan Padlet dibanding dengan pemelajaran tanpa menggunakan Padlet, yang dilihat dari aspek keterampilan berpikir kritis, keterampilan komunikasi, keterampilan kolaborasi dan keterampilan kreativitas pada mata pelajaran geografi materi persebaran flora dan fauna di Indonesia dan dunia. (2) Penelitian membuktikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen menggunakan aplikasi Padlet dengan kelas kontrol tanpa menggunakan aplikasi Padlet. Hal ini ditunjukan dengan diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) 0,036 < nilai signifikansi 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan aplikasi Padlet dalam pembelajaran terbukti lebih baik dilihat dari hasil belajar pada mata pembelajaran geografi materi persebaran flora dan fauna di Indonesia dan dunia. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan aplikasi Padlet dalam pembelajaran terbukti lebih baik dilihat dari keterampilan belajar (learning skills) dan hasil belajar siswa pada mata pembelajaran geografi materi persebaran flora dan fauna di Indonesia dan dunia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNofrion, NofrionUNSPECIFIED
CorrectorIswandi, IswandiUNSPECIFIED
CorrectorSuasti, YurniUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 18 Apr 2024 08:42
Last Modified: 18 Apr 2024 08:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51235

Actions (login required)

View Item View Item