Disfungsi Institusi Lokal Tigo Tungku Sajarangan dalam Menangani Kasus Pernikahan Dini di Nagari Pasie Laweh Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman

Yunanda, Dhea (2023) Disfungsi Institusi Lokal Tigo Tungku Sajarangan dalam Menangani Kasus Pernikahan Dini di Nagari Pasie Laweh Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_4_DHEA YUNANDA_20161005_380_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya ditemukan data pelaku pernikahan dini di Nagari Pasie Laweh yang disebabkan oleh disfungsi Tigo Tungku Sajarangan yang berjalan kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis disfungsi institusi lokal Tigo Tungku Sajarangan yang berjalan kurang maksimal dalam menangani kasus pernikahan dini, dan revitalisasi institusi lokal Tigo Tungku Sajarangan dalam menangani kasus pernikahan dini. Penelitian ini menggunakan teori strukturasi oleh Anthony Giddens dan teori perubahan sosial Wilbert Moore. Pendekatan yang digunakan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Informan penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling dengan kriteria: Kerapatan Adat Nagari sebagai Ninik Mamak, Badan Musyawarah Adat Syarak Nagari sebagai Alim Ulama, Cerdik Pandai, pelaku pernikahan dini, orang tua, dan masyarakat. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data meliputi uji credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles, dan Huberman. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa disfungsi institusi lokal Tigo Tungku Sajarangan dalam menangani kasus pernikahan dini tidak berjalan maksimal disebabkan oleh tidak ada sanksi tegas, memberikan persetujuan untuk menikah, kurangnya kontrol sosial, imbalan dakwah, kurang kerjasama, kurang musyawarah, dan penanaman nilai dan norma tidak maksimal. Terdapat revitalisasi fungsi institusi lokal Tigo Tungku Sajarangan yang berjalan kurang maksimal yaitu dengan cara menjadi panutan, memberi perhatian, himbauan, reorientasi, menjaga kesatuan sosial, dan memotori generasi muda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEriyanti, FitriUNSPECIFIED
CorrectorErianjoni, ErianjoniUNSPECIFIED
CorrectorSyafrini, DelmiraUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 18 Apr 2024 08:42
Last Modified: 18 Apr 2024 08:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51234

Actions (login required)

View Item View Item