Efektivitas Sistem Otomasi Computer Aided System to Provide Information Access (CASPIA) dan Sistem Informasi Perpustakaan (SIPUS) (Studi Komparatif) di Perpustakaan Pascasarjana Universitas Negeri Padang

Martha, Maulidya Aprilia (2023) Efektivitas Sistem Otomasi Computer Aided System to Provide Information Access (CASPIA) dan Sistem Informasi Perpustakaan (SIPUS) (Studi Komparatif) di Perpustakaan Pascasarjana Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_MAULIDYA_APRILIA_MARTHA_19234035_4430_2023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai: (1) untuk mengetahui cara penggunaan Computer Aided System to Provide Information Access (CASPIA) dan Sistem Informasi Perpustakaan (SIPUS), (2) untuk mengetahui efektivitas sistem otomasi Computer Aided System to Provide Information Access (CASPIA) dan Sistem Informasi Perpustakaan (SIPUS) (studi komparatif) untuk meningkatkan kinerja di perpustakaan Pascasarjana Universitas Negeri Padang, (3) untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat pustakawan menggunakan dua program. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi komparatif dengan metode kualitatif. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara dengan pustakawan pascasarjana UNP. Uji pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi data dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut; pertama, cara penggunaan CASPIA dan SIPUS memiliki kesamaan, dimana CASPIA dan SIPUS memiliki otorisasi akses yang hanya bisa digunakan oleh pustakawan untuk mengakses menu tersedia seperti katalogisasi buku dan sirkulasi, namun pada SIPUS tidak memilik menu opsi bebas pustaka maka dari itu pustakawan juga menggunakan sistem otomasi CASPIA untuk menggunakan menu bebas pustaka. Kedua, keefektifan sistem otomasi ini sudah berjalan baik dan cukup efektif ditinjau beberapa dari aspek, yaitu: (1) evealuasi kualitas sistem, (2) evaluasi kualitas informasi, (3) evaluasi kegunaan sistem yang dirasakan, (4) evaluasi kemudahan pengguna sistem yang dirasakan, (5) evaluasi kemampuan menggunakan komputer, (6) evaluasi penggunaan sistem informasi, (7) evaluasi dampak individu, dan (8) evaluasi kepuasan sistem informasi. Ketiga, faktor pendorong dan penghambat pustakawan menggunakan dua sistem otomasi, yaitu (1) karena temu balik informasi CASPIA lebih memadai, (2) karena jumlah output CASPIA sangat lengkap, (3) karena sudah ketentuan dari perpustakaan pusat UNP menggunakan SIPUS serta data sirkulasi dan katalogisasi pada SIPUS juga sudah cukup lengkap, (4) CASPIA sering erorr dan ruangan penyimpanan data yang sudah penuh yang menyebabkan erorr, (5) SIPUS tidak memilik menu bebas pustaka dan ketergantungan dengan wifi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNabila, JeihanUNSPECIFIED
CorrectorPrimadesi, YonaUNSPECIFIED
CorrectorErlianti, GustinaUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 18 Apr 2024 08:42
Last Modified: 18 Apr 2024 08:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51231

Actions (login required)

View Item View Item