Pengaruh Latihan Dribbling Sirkuit dan Metode Bermain terhadap Kecepatan Dribbling pada Siswa Ekstrakurikuler Sekolah Menengah Pertama

Chandra, Rahmat (2023) Pengaruh Latihan Dribbling Sirkuit dan Metode Bermain terhadap Kecepatan Dribbling pada Siswa Ekstrakurikuler Sekolah Menengah Pertama. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_RAHMAT_CHANDRA_16089078_6455_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Artikel ini ditulis dengan tujuan untuk memaparkan atau menjelaskan pentingnya penerapan dribbling sirkuit, metode bermain, dan kecepatan dribbling bola pada pemain sepakbola. Untuk mengetahui pengaruh dari dribbling sirkuit, metode bermain, dan kecepatan dribbling bola pemain sepakbola melalui artikel-artikel penelitian sebelumnya. Masalah dalam penelitian ini ialah kurangnya kemampuan menguasai teknik driblling bola dan penerapan metode latihan yang kurang tepat untuk meningkatkan penguasaan teknik dribbling bola pemain sepakbola. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian dari artikel penelitian yang relevan sebanyak 15 artikel (10 artikel nasional dan 5 artikel internasional) dari 10 tahun terakhir dengan rentang waktu tahun 2010 sampai tahun 2020 dengan sumber pencarian referensi dari Google Scholar untuk mengetahui pengaruh dari penerapan dribbling sirkuit dan metode bermain terhadap kecepatan dribbling pada siswa ekstrakurikuler sekolah menengah pertama. Bentuk penelitian ini ialah penelitian meta-analisa dengan kategorisasi sampel dari penelitian-penelitian yang menguji metode latihan dalam meningkatkan kemampuan dribbling bola pada pemain sepakbola. Selanjutnya dilakukan pengecualian terhadap artikel yang tidak sesuai dengan kebutuhan penulis. Artikel yang termasuk menjadi sampel yang kemudian penulis lakukan artikel review. Berdasarkan hasil analisis artikel review, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan latihan dribbling sirkuit dan metode bermain dapat meningkatkan kecepatan dribbling bola pemain sepakbola.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorKomaini, AntonUNSPECIFIED
CorrectorSeptri, SeptriUNSPECIFIED
CorrectorFajri, Hadi PeryUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGARUH LATIHAN DRIBBLING
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 18 Apr 2024 08:41
Last Modified: 18 Apr 2024 08:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51227

Actions (login required)

View Item View Item