Pengaruh Brand Imge dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menginap Tamu di HARRIS Hotel Batam Center.

Febriyangga, Gilang (2023) Pengaruh Brand Imge dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menginap Tamu di HARRIS Hotel Batam Center. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1-4_GILANG_FEBRIYANGGA_19135019_8580_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pariwisata memiliki peran strategis dalam pertumbuhan ekonomi dan peningkatan devisa di Indonesia. Pertumbuhan industri pariwisata yang pesat memberikan peluang bagi pengusaha dan investor untuk mendirikan akomodasi hotel sebagai penunjang pariwisata. Keputusan menginap di sebuah hotel dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk brand image dan fasilitas yang ditawarkan oleh hotel. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh brand image dan fasilitas terhadap keputusan menginap tamu di HARRIS Hotel Batam Center. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel penelitian sebanyak 98 responden dipilih melalui metode purposive sampling lalu diolah menggunakan SPSS 23.00. Data dikumpulkan melalui penggunaan kuesioner dengan skala likert untuk mengukur persepsi tamu terhadap brand image, fasilitas, dan keputusan menginap. Hasil analisis data menunjukkan bahwa brand image dan fasilitas memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan menginap tamu di HARRIS Hotel Batam Center. Brand image yang positif, seperti citra modem, keceriaan, logo uang unik dan pelayanan ramah, berkontribusi pada keputusan tamu untuk menginap. Variabel brand image di HARRIS Hotel Batam Center menunjukkan kategori baik, dengan skor total 4922, mean score 3,59, dan nilai rata-rata TCR 72. Hal ini menandakan bahwa persepsi positif terhadap brand image hotel memiliki dampak signifikan terhadap keputusan menginap. Variabel fasilitas di hotel juga tergolong dalam kategori baik, dengan skor total 4677, mean score 3,67, dan nilai rata-rata TCR 73. Fasilitas yang memadai, fungsional dan sesuai kebutuan tamu memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menginap, sehingga konsumen lebih tertarik untuk memilih HARRIS Hotel Batam Center. Selain itu, hasil menunjukkan bahwa keputusan menginap secara keseluruhan berada dalam kategori baik, dengan skor total 4279, mean score 3,97, dan nilai rata-rata TCR 79.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorWulansari, NidiaUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDRetnaningtyas, RetnaningtyasUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDAdrian, ArifUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 18 Apr 2024 05:15
Last Modified: 18 Apr 2024 05:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51216

Actions (login required)

View Item View Item