Pengaruh Kualitas Makanan terhadap Loyalitas Tamu di Kaluak Paku Restoran Hotel Pangeran City Padang

Hayati, Fitrah (2023) Pengaruh Kualitas Makanan terhadap Loyalitas Tamu di Kaluak Paku Restoran Hotel Pangeran City Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1-4_FITRAH_HAYATI_19135190_4521_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti terhadap loyalitas tamu terkait kualitas makanan yang dihidangkan, wama, penampilan, porsi, bentuk, temperatur, tekstur, aroma, tingkat kematangan, rasa, melakukan pembelian ulang, berkata positif, merekomendasikan kepada orang lain, dan tidak bemiat pindah Kaluak Paku Restoran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas makanan, mendeskripsikan loyalitas tamu dan menganalisis pengaruh kualitas makanan terhadap loyalitas tamu di Kaluak Paku Restoran Hotel Pangeran City Padang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode assosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah tamu yang berkunjung ke Kaluak Paku Restoran Hotel Pangeran City Padang sebanyak 2050 orang dengan sampel 130 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar google form kepada tamu yang berkunjung ke Kaluak Paku Restoran. Uji coba instrument dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas. Uji persyaratan analisis dilakukan adalah uji normalitas, uji hompgenitas, linearitas. Pengujian Hipotesis dilakukan dengan uji regresi linear sederhana dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini adalah tingkat capaian respondenpada variabel kualitas makanan sebesar 70% dengan kategori cukup puas. Tingkat capaian responden pada variabel loyalitas tamu sebesar 69% dengan kategori tidak puas. Indikator Warna sebesar 70% dengan kategori cukup puas, indikator rnpenampilan sebesar 70% dengan kategori cukup puas, indikator porsi sebesar 70% dengan kategori cukup puas,indikator bentuk sebesar 69% dengan kategori tidak puas, indikator temperatur sebesar 70% dengan kategori cukup puas, indikator tekstur sebesar 70% dengan kategori cukup puas, indikator aroma sebesar 70% dengan kategori cukup puas, indikator tingkat kematangan sebesar 70% dengan kategori cukup puas, indikator rasa sebesar 69% dengan kategori tidak puas, Indikator minat beli ulang sebesar 69% dengan kategori tidak puas. Indikator berkata positif sebesar 70% dengan kategori cukup puas. Indikator merekomendasikan kepada orang lain sebesar 69% degan kategori tidak puas. Indikator tidak berniat pindah sebesar 70% dengan kategori cukup puas. Hasil uji regresi linear sederhana diperoleh nilai F hitung 483,826 Dengan Sig 0,000 > 0,05 maka regresi dapat dipakai. Artinya kualitas makanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas tamu. Hasil persamaan koefisien regresi 0,365 dengan nilai sig 0,000 > 0,05. Artinya setiap peningkatan sebesar satuan kualitas makanan akan meningkatkan 0,538 satuan loyalitas tamu. Nilai R Square sebesar 0,793 artinya variabel kualitas makanan berpengaruh sebesar 79,3% terhadap loyalitas tamu di Kaluak Paku Restoran dan 20,7% dipengaruhi oleh variabel lainya yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsnur, LiseUNSPECIFIED
CorrectorManvi, Kurnia IllahiUNSPECIFIED
CorrectorLisna, Yuke PermataUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 18 Apr 2024 05:15
Last Modified: 18 Apr 2024 05:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51214

Actions (login required)

View Item View Item