Pengembangan Ebook Berbasis Discovery Learning Terintegrasi Keterampilan 4C Untuk Pembelajaran Fisika SMA

Anggreni, Yosi Dwi (2023) Pengembangan Ebook Berbasis Discovery Learning Terintegrasi Keterampilan 4C Untuk Pembelajaran Fisika SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_YOSI_DWI_ANGGRENI_18175056_215_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Rendahnya hasil belajar peserta didik dapat dilihat karena belum terpenuhinya kebutuhan belajar peserta didik. Bahan ajar yang tersedia dan digunakan di sekolah belum sesuai dengan tuntutan kurikulum dan kebutuhan peserta didik. Salah satu kebutuhan belajar peserta didik adalah sumber belajar yang sesuai dengan perkembangan abad 21. Oleh karena itu diperlukan sumber belajar berupa buku elektronik atau yng dikenal dengan electronic book (ebook). Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan ebook berbasis discovery learning terintegrasi keterampilan 4C dalam pembelajaran Fisika dengan kategori valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan (research and development). Pengembangan ebook menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Data penelitian berupa data studi pendahuluan, validasi, praktikalitas, dan efektifitas. Instrumen penelitian terdiri dari angket pendahuluan, instrumen validasi, instrumen praktikalitas, dan instrumen efektifitas. Teknik analisis data terdiri dari data studi pendahuluan, data validitas, data praktikalitas, dan data efektifitas. Berdasarkan hasil penilaian ebook pembelajaran fisika yang dilakukan oleh ahli didapatkan hasil dengan rata-rata validasi oleh ahli pembelajaran, ahli fisika, dan ahli Bahasa berada pada kategori valid. Praktikalitas ebook dinilai oleh guru dan peserta didik SMAN 2 Bukittinggi berada apada kategori praktis dan sangat praktis. Setelah dilakukan uji validitas dan praktikalitas ebook diperoleh hasil uji efektifitas ebook dengan ujicoba pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Melalui uji t didapatkan bahwa pemberian perlakuan berupa ebook berbasis discovery learning terintegrasi 4C kepada kelas eksperimen berhasil dilaksanakan dengan rata-rata nilai lebih unggul dari kelas kontrol, sehingga dinyatakan efektif. Dengan demikian ebook berbasis discovery learning dapat meningkatkan keterampilan 4C (Crtical Thinking, Creativ, Collaboration, and Communication) peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYohandi, YohandiUNSPECIFIED
CorrectorUsmeldi, UsmeldiUNSPECIFIED
CorrectorRatnawulan, RatnawulanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 18 Apr 2024 05:14
Last Modified: 18 Apr 2024 05:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51212

Actions (login required)

View Item View Item