Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis SETS (Science, Environment, Technology And Society ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA/MA

Putri, Sri Ramadela (2023) Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis SETS (Science, Environment, Technology And Society ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_SRI_RAMADELA_PUTRI_18175036_260_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Pencapaian kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X belum maksimal. Salah satu penyebabnya adalah modul yang digunakan masih berupa cetak dan belum memuat pendekatan pembelajaran serta belum memberdayakan berpikir kritis dari peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul fisika berbasis SETS (science,environment,technology and society) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA/MA yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Instrument penelitian meliputi angket studi pendahuluan, angket validasi, angket praktikalitas, dan tes tertulis. Teknik analisis data untuk validitas menggunakan rumus Aiken’s V, untuk efektifitas menggunakan rumus N-gain, dan Penilaian praktikalitas menggunakan deskriptif persentase. Hasil pada tahap analisis menunjukkan perlunya pengembangan e-modul berbasis SETS. Hasil tahapan desain yakni dihasilkan draf e-modul yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hasil tahap pengembangan menunjukkan e-modul berada pada kriteria valid dengan nilai 0,85 , sangat praktik berdasarkan respon pendidik dan peserta didik dengan nilai rata-rata masing-masing 88,44 % dan 86,09%. Hasil tahapan implementasi memperlihatkan pencapaian kompetensi pengetahuan peserta didik dengan nilai gain 0,74 yang berarti peningkatan pengetahuan peserta didik dengan kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan e-modul Fisika berbasis SETS (science,environment,technology and society) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik SMA/MA memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyafriani, SyafrianiUNSPECIFIED
CorrectorDesnita, DesnitaUNSPECIFIED
CorrectorRatnawulan, RatnawulanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 18 Apr 2024 04:02
Last Modified: 18 Apr 2024 04:04
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51204

Actions (login required)

View Item View Item