Pengaruh Hygiene terhadap Kualitas Makanan karyawan di The Axana Hotel Padang

Fitri, Denisa (2023) Pengaruh Hygiene terhadap Kualitas Makanan karyawan di The Axana Hotel Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1-4_DENISA_FITRI_19135171_4730_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari pengamatan peneliti tentang kualitas makanan di The Axana Hotel Padang, kemudian peneliti menemukan beberapa masalah terkait hygiene makanan, cita rasa menu, variasi makanan, cara penyajian makanan dan kebersihan dari makanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh hygiene terhadap kualitas makanan karyawan di The Axana Hotel Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan assosiatif kausal dengan metode survey. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah karyawan FnB Departemen sebanyak 32 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket/kuisioner kepada karyawan FnB Departemen di The Axana Hotel Padang, yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Tahap pengolahan data dilakukan kegiatan seperti merancang struktur data, pengkodean, editing dan pengentrian data. Uji persyaratan analisis dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, linearitas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel hygiene makanan termasuk kedalam kategori baik (41%) pada rentang 2: 69 - < 70. Variabel kualitas makanan pada rentang 2: 40 - < 41 termasuk kedalam kategori baik (53%). Hasil uji regresi linear sederhana diperoleh nilai R square sebesar 0,284 dengan sig. 0,002 < 0.05, Artinya sebesar 28,4% hygiene makanan berpengaruh signifikan terhadap kualitas makanan. Selanjutnya diperoleh basil persamaan koefisien regresi sebesar 0.387 dengan nilai sig. 0.002 < 0,05. Artinya setiap peningkatan sebesar 1 satuan hygiene makanan akan meningkatkan 0.387 satuan kualitas makanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsnur, LiseUNSPECIFIED
CorrectorYuliana, YulianaUNSPECIFIED
CorrectorLisna, Yuke PermataUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HZ Management
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan - D4
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 18 Apr 2024 03:59
Last Modified: 18 Apr 2024 03:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51195

Actions (login required)

View Item View Item