Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik di Kelas VIII SMP

Nasri, Rahmadina (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik di Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_RAHMADINA _NASRI_19205028_2374_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik kesulitan dalam mengekspresikan ide matematika dengan menulis, medemontrasikan dengan gambar atau grafik kedalam ide-ide matematika karena kurangnya keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran dengan LKPD yang digunakan. Akibatnya hasil belajar dan kemampuan komunikasi peserta didik menjadi rendah. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan LKPD berbasis Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik LKPD berbasis Problem Based Learning yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi masalah peserta didik di kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu preliminary, prototyping, dan assessment. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 17 Padang. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi untuk RPP, lembar validasi untuk LKPD, angket untuk guru, angket untuk peserta didik, dan tes kemampuan komunikasi matematis. Data dari hasil observasi, angket dan tes dianalisis secara kuantitatif yang diperkuat dengan hasil dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menghasilkan LKPD berbasis Problem Based Learning telah valid dengan karakteristik LKPD yang diawali dengan masalah nyata, dilanjutkan dengan mengorganisasi peserta didik untuk belajar, mendorong peserta didik untuk mengumpulkan informasi untuk mendapatkan penjelasan dari pemecahan masalah dengan kegiatan tersebut bisa menjadi sarana untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. LKPD yang dihasilkan sudah memenuhi kriteria praktis dengan karakteristik mudah digunakan sesuai dengan waktu yang ditentukan, penyajian LKPD yang menarik dari segi penyajian serta bahasa yang digunakan mudah di pahami peserta didik dalam menyelesaikan masalah. Hasil Efektivitas LKPD ini dinilai dari peserta didik pada tahap small group karena pandemi COVID-19. Rata-rata hasil tes peserta didik yang menggunakan LKPD berbasis Problem Based Learning yaitu 83,33 lebih tinggi dibandingkan dengan tes awal peserta didik sebesar 51,82 sehingga LKPD efektif meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan karakteristik LKPD dilengkapi dengan soal latihan yang berupa soal sesuai dengan indikator komunikasi dengan masalah yang terkait dengan materi pelajaran. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan LKPD berbasis Problem Based Learning khususnya materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMP dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorJamaan, Elita ZustiUNSPECIFIED
CorrectorPermana, DonyUNSPECIFIED
CorrectorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 18 Apr 2024 03:59
Last Modified: 18 Apr 2024 03:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51194

Actions (login required)

View Item View Item