Pengembangan Ebook Fisika SMA/MA Terintegrasi Materi Mitigasi Bencana Tanah Longsor Berbasis Problem Based Learning (PBL)

Utia, Rahimatul (2023) Pengembangan Ebook Fisika SMA/MA Terintegrasi Materi Mitigasi Bencana Tanah Longsor Berbasis Problem Based Learning (PBL). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_RAHIMATUL_UTIA_18175054_246_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Salah satu faktor yang menyebabkan belum optimalnya capaian kompetensi peserta didik adalah belum tersedianya bahan ajar yang memenuhi kebutuhan belajar peserta didik saat ini. Bahan ajar yang diperlukan diantaranya adalah bahan ajar yang berisi materi pelajaran sekaligus memuat materi keunikan lokal atau potensi daerah sehingga dapat membekali peserta didik dengan sejumlah kompetensi serta melatih kecakapan hidup yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Potensi daerah tempat tinggal peserta didik diantaranya adalah terkait kebencanaan seperti potensi bencana tanah longor. Tanah longsor memiliki dampak buruk pada lingkungan dan bahkan keselamatan makhluk hidup. Di dalam bahan ajar dapat dituangkan materi pelajaran yang terintegrasi dengan materi mitigasi bencana tanah longsor. Selain itu kebutuhan keterampilan dalam menggunakan teknologi dan media informasi di abad 21 sangat dibutuhkan. Untuk itu perlu penggunaan bahan ajar yang berbasis elektronik seperti buku elektronik atau ebook. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan ebook fisika SMA/MA terintegrasi materi mitigasi bencana tanah longsor berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Plomp. Model pengembangan Plomp terdiri dari tiga tahap yakni preliminary research phase, development or protyping phase dan assessment phase. Data penelitian adalah data kompetensi lulusan, penilaian, kegiatan pembelajaran, materi, peserta didik, validitas, praktikalitas dan efektivitas. Instrumen pengumpul data terdiri dari angket pendahuluan, lembar validasi, lembar praktikalitas, lembar penilaian diri, soal objektif dan lembar penilaian kinerja. Teknik analisis data adalah analisis preliminary research, analisis validitas, analisis praktikalitas dan analisis efektivitas. Hasil penelitian adalah ebook fisika SMA/MA terintegrasi materi mitigasi bencana tanah longsor memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Implikasi penelitian adalah ebook fisika SMA/MA terintegrasi materi mitigasi bencana tanah longsor efektif mendukung proses pembelajaran, membantu peserta didik dalam meningkatkan hasil belajar, memberikan pemahaman mitigasi tanah longsor, dan melatih peserta didik terbiasa menggunakan perangkat ICT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFauzi, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorRamli, RamliUNSPECIFIED
CorrectorYohandri, YohandriUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 18 Apr 2024 03:16
Last Modified: 18 Apr 2024 03:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51192

Actions (login required)

View Item View Item