Hayati, Purnama (2023) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran (Video) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MAN 1 Mandailing Natal. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B1_3_PURNAMA_HAYATI_17205068_6171_2023.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh suatu fenomena aktivitas belajar siswa dimasa pandemi covid-19. Terlihat bahwa kemampuan siswa yang rendah dalam membaca grafik dan dan memvisualisasikan angka pada tabel menjadi grafik. Selain itu kemampuan siswa dalam memahami soal cerita yang diberikan oleh guru. Serta kemampuan siswa yang masih rendah dalam mengkomunikasikan kembali materi yang telah diberikan guru. Permasalahan tersebut tercakup dalam ranah komunikasi matematis yang membutuhkan media audio dan visual untuk memudahkan siswa dalam pencapaian tujuan pelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana gambaran Kemampuan komunikasi matematis siswa? 2) Bagaimana gambaran Keaktifan siswa dalam belajar dimasa pandemi? 3) Apakah terdapat pengaruh video pembelajaran oleh guru terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengungkapkan bagaimana kemampuan komunikasi matematis siswa. 2) Untuk mengetahui gambaran keaktifan siswa dalam belajar matematika dimasa pandemi. 3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh video pembelajaran oleh guru terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain faktoroal 2 x 2. Sampel siswa yang diambil adalah X MIA 4 dan X MIA 7 MAN 1 Mandailing Natal. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji Anova dua arah dengan variable bebas adalah Video pembelajaran. Berdasarkan analisis yang dilakukan diperoleh data homogen dengan taraf signifikansi 0,305 (>0,05), data juga berdistribusi normal pada taraf signifikansi 0,552 (>0,05), serta diperoleh nilai F pada uji anova dua arah sebesar 0,481 beberapa kesimpulan yang diperoleh adalah: 1). Tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan komunikasi matematis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. 2) Terdapat perbedaan kemampuan komunikasi siswa dengan kemampuan awal siswa. 3) Tidak terdapat interaksi antara kelas dan kemampuan wal pada kemampuan komunikasi matematis siswa. Serta berdasarkan analisis angket yang dilakukan diketahui bahwa penggunaaan media video berada pada kategori cukup baik. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Video, Kemampuan Komunikasi Matematis
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2 | ||||||||||||
Depositing User: | Mrs. Dina Aulia Sari | ||||||||||||
Date Deposited: | 18 Apr 2024 03:16 | ||||||||||||
Last Modified: | 18 Apr 2024 03:16 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51191 |
Actions (login required)
View Item |