Pengembangan Desain Pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP

A’la, Muyassar (2023) Pengembangan Desain Pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_MUYASSAR_A’LA_20205020_2780_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Satu diantara kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik pada kurikulum 2013 adalah kemampuan komunikasi matematis. Di dalam pembelajaran matematika sangat dibutuhkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik, namun dalam hal kenyataannya masih banyak peserta didik kemampuan komunikasi matematisnya belum memenuhi indikator kemampuan komunikasi matematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik desain pembelajaran topik SPLDV berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik di kelas VIII SMP yang valid, praktis dan efektif. Mendeskripsikan dampak penggunaan desain pembelajaran topik SPLDV berbasis Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik di kelas VIII SMP. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggabungkan dua jenis design research yaitu disain model pengembangan Tjeerd Plomp dan Gravemeijer & Cobb. Untuk mengimplementasikan HLT, buku pendidik dan buku peserta didik dengan menggunakan rancangan design research Plomp. Selanjutnya untuk pengembangan alur pembelajaran, dirancang dengan menggunakan design research Gravemeijer dan Cobb. Desain pembelajaran difokuskan pada kemampuan komunikasi matematis peserta didik terhadap topik SPLDV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain pembelajaran topik SPLDV dengan pendekatan PBL melalui buku pendidik dan buku peserta didik sudah valid, praktis dan efektif. Dikatakan valid karena telah memenuhi karakteristik kevalidan baik segi isi maupun konstruk. Dikatakan efektif karena dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Dikatakan praktis karena produk ini mudah untuk digunakan dan dipahami, alokasi waktu yang ditentukan sangat efisien, sangat menarik dan berkontribusi terhadap pembelajaran SPLDV. Secara umum hasil penelitian menunjukan bahwa desain pembelajaran berbasis PBL dapat menstimulasi peserta didik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArnawa, I MadeUNSPECIFIED
CorrectorJamaa, Elita ZustiUNSPECIFIED
CorrectorSuherman, SuhermanUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 17 Apr 2024 04:48
Last Modified: 17 Apr 2024 04:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51184

Actions (login required)

View Item View Item