Pengembangan E-module Biologi Bernuansa Science Technology Engineering And Mathematics (STEM) Berbantuan Aplikasi Adobe Flash Cs6 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik di SMAN 1 Sitiung

Wulansari, Kurnia (2023) Pengembangan E-module Biologi Bernuansa Science Technology Engineering And Mathematics (STEM) Berbantuan Aplikasi Adobe Flash Cs6 Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik di SMAN 1 Sitiung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_KURNIA_WULANSARI_21177007_4041_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar siswa menunjukkan kemampuan dan kualitas peserta didik sebagai dampak dari proses pembelajaran yang telah dilaluinya dan diharapkan memperoleh hasil belajar yang baik. Namun, berdasarkan hasil observasi didapatkan bahwa hasil belajar peserta didik di SMAN 1 Sitiung memiliki nilai ulangan harian di bawah KKM. Hasil angket berpikir kreatif juga menunjukkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik masih rendah dengan rata-rata nilai 33,8, sehingga termasuk kategori kurang kreatif. Salah satu faktor yang dapat menunjang untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berpikir kreatif yaitu dengan adanya e-module. Hasil observasi di SMAN 1 Sitiung didapatkan bahwa peserta didik belum menggunakan e-module tetapi menggunakan bahan ajar elektronik dalam bentuk file pdf yang di download dari internet serta hanya berupa tulisan dan sedikit gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-module bernuansa Science Technology Engineering And Mathematics (STEM) menggunakan aplikasi Adobe Flash Cs6 pada materi sistem pencernaan dan sistem pernapasan untuk peserta didik kelas XI yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan model Plomp yang terdiri dari tiga tahap yaitu tahap investigasi awal, tahap pengembangan atau pembuatan prototipe, dan tahap penilaian. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI SMAN 1 Sitiung Tahun Pelajaran 2022-2023. Data penelitian diperoleh dari uji validitas, uji praktikalitas, dan uji efektivitas. Data uji validitas diperoleh melalui lembar validasi oleh dosen sebagai validator. Data uji praktikalitas diperoleh dari hasil analisis angket respon guru dan peserta didik. Data uji efektivitas diperoleh dari lembar soal pilihan ganda untuk penilaian kompetensi kognitif, lembar observasi untuk penilaian kompetensi afektif dan kompetensi psikomotor, serta lembar soal essay untuk penilaian keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Hasil validasi oleh validator terhadap e-module bernuansa Science Technology Engineering And Mathematics (STEM) menunjukkan nilai rata-rata 88,05% (sangat valid). Hasil Praktikalitas oleh guru Biologi menunjukkan nilai rata-rata 87,5% (sangat praktis) dan peserta didik 88,28% (sangat praktis). Hasil uji efektivitas dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor peserta didik menunjukkan bahwa e-module bernuansa STEM sangat efektif dan nilai keterampilan berpikir kreatif diperoleh rata-rata 81,22% (sangat kreatif). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-module bernuansa Science Technology Engineering And Mathematics (STEM) yang dikembangkan sangat valid, sangat praktis, sangat efektif, dan dapat melatih keterampilan berpikir kreatif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrdawati, IrdawatiUNSPECIFIED
CorrectorRazak, AbdulUNSPECIFIED
CorrectorChatri, MoralitaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 17 Apr 2024 04:28
Last Modified: 17 Apr 2024 04:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51182

Actions (login required)

View Item View Item