Studi Tentang Kerajinan Sulaman Aplikasi di Barung-Barung Balantai Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat (Studi Kasus di Rumah Sulaman Gus Fitri).

Mahmudah, Fitriah (2024) Studi Tentang Kerajinan Sulaman Aplikasi di Barung-Barung Balantai Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat (Studi Kasus di Rumah Sulaman Gus Fitri). Skripsi thesis, Fakultas Pariwisata dan Perhotelan.

[img]
Preview
Text
Fitriah Mahmudah-19075157.pdf

Download (308kB) | Preview

Abstract

Usaha kerajinan yang dikembangkan di nagari Barung-Barung Balantai Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan yaitu kerajinan sulaman bayangan dan sulaman aplikasi. Usaha kerajinan sulaman ini menjadi ciri khas di Koto XI Tarusan Nagari Barung-Barung Balantai dan selalu berorientasi pada produk dan jasa yang bertujuan untuk melestarikan kerajinan yang ada didaerah tersebut dan meningkatkan pendapatan nagari. Sulaman aplikasi adalah jenis sulaman yang biasanya diperoleh dengan cara menetapkan selembar kain yang dibentuk menurut motif yang diinginkan pada kain lain sebagai hiasan dengan menggunakan tusuk hias. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) motif sulaman aplikasi di rumah sulaman Gus Fitri di Barung-Barung Balantai Kecamatan Koto XI Tarusan, 2) teknik pembuatan sulaman aplikasi di rumah sulaman Gus Fitri di Barung-Barung Balantai Kecamatan Koto XI Tarusan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil wawancara langsung dengan pemilik usaha rumah sulaman Gus Fitri beserta dengan pelukis dan penjahitnya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dapat dilakukan dengan 1) triangulasi dan 2) member chek. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) verifikasi data dan penarik simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk motif sulaman aplikasi pada usaha rumah sulaman Gus Fitri di Barung-Barung Balantai Kecamatan Koto XI Tarusan berupa motif tumbuhan seperti bunga melati, bunga anggrek, pohon bambu, dan bunga matahari, bunga taratai. Teknik pembuatan sulaman aplikasi yaitu dimulai dengan proses pembuatan desain motif, penentuan letak motif, mencimplak motif pada kain yang akan di sulam, menempelkan motif pada bahan,jahit jelujur dan menjahit motif dengan menggunakan tusuk balut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYusmerita, YusmeritaUNSPECIFIED
CorrectorNelmira, WeniUNSPECIFIED
CorrectorPuspaneli, PuspaneliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: SULAMAN, APLIKASI, MOTIF, TEKNIK MENYULAM
Subjects: T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Apr 2024 04:19
Last Modified: 17 Apr 2024 04:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51181

Actions (login required)

View Item View Item