Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Peserta Didik Kelas XI IPA SMA

Rahmi, Irvani (2023) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Peserta Didik Kelas XI IPA SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_IRVANI_RAHMI_15205023_5840_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari rendahnya hasil belajar peserta didik karena peserta didik sulit memahami materi pelajaran, sulit mengingat kembali materi yang telah dipelajari, tidak aktif dalam proses pembelajaran, dan rendahnya motivasi belajar peserta didik. Oleh karena itu, dibutuhkan perangkat pembelajaran yang mampu meningkatkan keterlibatan peserta didik secara aktif dan membuat peserta didik dapat mengalami sendiri proses dalam membangun pemahamannya terhadap konsep-konsep materi pelajaran matematika. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis penemuan terbimbing yang sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk merancang perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD matematika berbasis penemuan terbimbing untuk peserta didik kelas XI IPA SMA yang valid dan praktis. Penelitian pengembangan yang dilaksanakan ini menggunakan model pengembangan Plomp. Model pengembangan Plomp ini terdiri atas tiga fase, yaitu fase investigasi awal, fase pengembangan Prototype dan fase penilaian. Pada fase investigasi awal dilaksanakan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep dan analisis peserta didik. Pada fase pengembangan Prototype dilaksanakan evaluasi formatif yang terdiri atas evaluasi sendiri, evaluasi satu�satu, tinjauan ahli, evaluasi kelompok kecil dan uji lapangan. Namun, penelitian dilakukan sampai pada tahap evaluasi kelompok kecil, dikarenakan kondisi pandemi Covid-19. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPA SMAN 16 Padang. Berdasarkan pengembangan perangkat pembelajaran yang telah dilaksanakan, diperoleh perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD matematika berbasis penemuan terbimbing untuk kelas XI IPA SMA yang valid dan praktis. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan dikatakan valid karena telah sesuai dengan langkah-langkah kegiatan pembelajaran berbasis penemuan terbimbing. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan dikatakan praktis karena dapat digunakan dengan baik pada proses pembelajaran oleh guru dan peserta didik. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika Berbasis penemuan terbimbing layak untuk dijadikan bahan rujukan dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi limit fungsi aljabar untuk peserta didik kelas XI IPA SMA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArmawa, I MadeUNSPECIFIED
CorrectorMusdi, EdwinUNSPECIFIED
CorrectorSyariffudin, HendraUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 17 Apr 2024 04:19
Last Modified: 17 Apr 2024 04:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51180

Actions (login required)

View Item View Item