Koreografitari Hoyak Baindang di Sanggar Seni Abai Sakato di Nagari Abai Kecamatan Sangir Batang Hari Kabupaten Solok Selatan Sumatera Barat

Jureta, Maghdalena Tri (2023) Koreografitari Hoyak Baindang di Sanggar Seni Abai Sakato di Nagari Abai Kecamatan Sangir Batang Hari Kabupaten Solok Selatan Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_MAGHDALENA_TRI_JURETA_19023024_6530_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan hasil penyajian kesenian Koreografi Tari Hoyak Baindang di Sanggar Seni Abai Sakato di Nagari Abai Kecamatan Sangir Batang Hari Kabupaten Solok Selatan Sumatera Barat. Dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif yang mengajukan kepada metode deskriptif. Instrumen penelitian ini adalah penelitian sendiri dan dibantu dengan mengumpulkan alat tulis seperti kamera foto, rekaman, kamera video, pedoman wawancara. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penelitian, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Langkah-langkah menganalisis data adalah penyajian data, reduksi data, pengumpulan data, dan penarik kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Koreografi Tari Hoyak Baindang Di Sanggar Seni Abai Sakato di Nagari Abai Kecamatan Sangir Batang Hari Kabupaten Solok Selatan Sumatera Barat. Tari ini merupakan tari kreasi baru dan berfungsi sebagai hiburan. Elemen-elemen dalam koreografi Tari Hoyak Baindang terdiri dari: gerak, desain lantai, desain atas, komposisi kelompok, penari, musik, perlengkapan dan dinamika, dengan 3 penari laki-laki dan 3 penari perempuan, alat musik pengiring (Gendang Melayu, Accordion, Talempong, Indang, Gitar Bass, dan Tambua) tata busana menggunakan (Baju Kurung Bludru, Baju Bludru Laki-laki, Celana Galembong, Kain Sampiang, Tanduk, Songket dan Salendang Silungkang, Accesories dan Deta) tata rias menggunakan makeup cantik bagi perempuan, properti (Indang) dan tempat pertunjukkan ditampilkan pada acara pesta perkawinan yang bersifat hiburan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMansyur, HerlindaUNSPECIFIED
CorrectorIndrayuda, IndrayudaUNSPECIFIED
CorrectorRosalina, VennyUNSPECIFIED
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 17 Apr 2024 04:17
Last Modified: 17 Apr 2024 04:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51179

Actions (login required)

View Item View Item