Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis ARCS Memuat Soal HOTS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII SMP/MTs

Putri, Fauziah (2023) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis ARCS Memuat Soal HOTS untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas VIII SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_FAUZIAH_PUTRI_20205041_5585_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi literatur dan analisis pendahuluan yang dilakukan di SMP Negeri 1 Padang Panjang, SMP Negeri 6 Padang Panjang, dan MTsN Padang Panjang diperoleh bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik masih rendah. Hal ini disebabkan peserta didik lemah dalam menyelesaikan soal-soal yang dapat mendukung kemampuan berpikir kritis serta belum tersedianya perangkat pembelajaran yang dapat mendukung kemampuan berpikir kritis peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik perangkat pembelajaran berbasis Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) memuat soal HOTS yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII SMP N 6 Padang Panjang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan model Plomp. Model pengembangan Plomp terdiri atas tiga tahap, yaitu preliminary investigation, prototyping stage, dan assessment phase. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 6 Padang Panjang. Data dikumpulkan melalui dokumentasi, observasi, wawancara, angket, dan tes kemampuan berpikir kritis. Hasil analisis validitas perangkat pembelajaran berupa RPP diperoleh skor 3,28 dengan kategori valid dan validasi LKPD diperoleh 3,21 dengan kategori valid. Hasil praktikalitas RPP diperoleh 92,08% dan hasil praktikalitas LKPD diperoleh 87,35% dengan kategori sangat praktis. Hasil efektifitas perangkat pembelajaran dilihat dari perbedaan rata-rata tes kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen dan kontrol. Dari hasil pengujian diperoleh rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen adalah 81,93, sedangkan kelas kontrol adalah 76,63. Berdasarkan uji statistik diperoleh nilai signifkansi 0,048 < 0,05, dan berdasarkan daftar tabel distribusi t dengan (

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorArmawa, I MadeUNSPECIFIED
CorrectorSyafriandi, SyafriandiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 17 Apr 2024 03:12
Last Modified: 17 Apr 2024 03:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51176

Actions (login required)

View Item View Item