Pengembangan Media Interaktif Berbasis Edutainment Bernuansa Kebudayaan Nias Topik Trigonometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah

Laoli, Ester Juniati (2023) Pengembangan Media Interaktif Berbasis Edutainment Bernuansa Kebudayaan Nias Topik Trigonometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_ESTER_JUNIATI_LAOLI_20205006_1746_2023.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik SMK. Hal ini disebabkan karena kegiatan pembelajaran masih bersifat mekanistik dan media pembelajaran yang digunakan selama ini masih belum cukup berkontribusi terhadap perkembangan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media interaktif berbasis edutainment bernuansa kebudayaan Nias untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas X Teknik Komputer Jaringan yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan Plomp. Model pengembangan Plomp terdiri dari tiga tahapan, diantaranya yaitu : tahap investigasi awal (preliminary research phase), tahap pengembangan atau pembuatan prototipe (development or prototyping phase) dan tahap penilaian (assessment cphase). Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X TKJ SMK Swasta Kristen Tomosa II. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, tes awal dan tes akhir, lembar observasi, pedoman wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media interaktif berbasis edutainment bernuansa kebudayaan Nias sudah valid, praktis dan efektif. Media interaktif divalidasi oleh para pakar dengan memperoleh tingkat validitas pada media adalah 0,84, sedangkan hasil validasi RPP yaitu sebesar 0,91 dan untuk validasi LKPD adalah 0,90 dengan kategori valid. Media yang dikembangkan sudah praktis dengan memperoleh nilai presentase sebesar 86% dengan kategori sangat praktis. Berikutnya media interaktif dikatakan efektif karena pengguna media memberikan dampak positif terhadap kemampuan pemecahan msalah matematis peserta didik yang memperoleh nilai rata-rata 79,03 dengan kategori baik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
CorrectorJamaan, Elita ZustiUNSPECIFIED
CorrectorSuherman, SuhermanUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 17 Apr 2024 03:01
Last Modified: 17 Apr 2024 03:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51175

Actions (login required)

View Item View Item