Analisis Kesadaran Metakognisi, Cara belajar dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X SMA Negeri di Bangkinang Kota

Rahmadhani, Dian Intan (2023) Analisis Kesadaran Metakognisi, Cara belajar dan Hasil Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X SMA Negeri di Bangkinang Kota. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_Dian_Intan_Rahmadhani_21177005_3920-2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan belajar ditentukan oleh faktor belajar juga ditentukan oleh pemilihan strategi yang digunakan peserta didik dalam pembelajaran. Kesadaran metakognisi merupakan cara untuk peseta didik dalam meningkatkan kesadaran mengenai proses berpikir dalam pembelajaran, sehingga peserta didik dapat mengawal pikirannya dengan merancang, memantau dan menilai apa yang telah dipelajari. Dengan dibantu cara belajar sebagai strategi peserta didik dalam melakukan kegiatan belajar untuk mencapai hasil belajar yang baik dan yang diharapkan oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kesadaran metakognisi, cara belajar dan hasil belajar biologi berdasarkan kemampuan akademik peserta didik kelas X MIPA di SMA Negeri Bangkinang Kota Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 09 Januari – 17 Januari 2023. Penelitian ini adalah penelitian korelasional dan pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 218 peserta didik dengan tingkat kemampuan akademik yang berbeda. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi Person Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pesrerta didik dengan akademik tinggi, kesadaran metakognisi (X1), cara belajar (X2) dan hasil belajar (Y) terdapat hubungan yang sedang (0,418). Pada peserta didik dengan akademik rendah kesadaran metakognisi (X1), cara belajar (X2) dan hasil belajar (Y) terdapat hubungan yang sedang (0,447). Untuk nilai uji signifikan didapatkan pada akademik tinggi, kesadaran metakognisi (X1), cara belajar (X2) dan hasil belajar (Y) thitung (4,75) > ttabel (1,98). Pada akademik rendah, kesadaran metakognisi (X1), cara belajar (X2) dan hasil belajar (Y) thitung (5,16) > ttabel (1,98). Disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kesadaran metakognisi, cara belajar dan hasil belajar biologi berdasarkan kemampuan akademik peserta didik kelas X di SMA Negeri Bangkinang Kota.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorChatri, MoralitaUNSPECIFIED
CorrectorLufri, LufriUNSPECIFIED
CorrectorFajrina, SuciUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 17 Apr 2024 02:55
Last Modified: 17 Apr 2024 02:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51173

Actions (login required)

View Item View Item