Dampak Pemanfataan Lahan untuk Permukiman Terhadap Perubahan Kualitas Udara Ambien di Kelurahan Lubuk Minturun Sungai Lareh Padang

Ramadani, Cica (2023) Dampak Pemanfataan Lahan untuk Permukiman Terhadap Perubahan Kualitas Udara Ambien di Kelurahan Lubuk Minturun Sungai Lareh Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pertumbuhan penduduk mengakibatkan meningkatnya alih fungsi penggunaan lahan yang berdampak pada kesehatan, dan keamanan. Penelitian ini membahas mengenai dampak alih fungsi lahan hijau dan atau lahan pertanian untuk permukiman terhadap perubahan parameter kualitas udara (PM10, CO, SO2 dan NO2) serta pengaruhnya terhadap peningkatan kasus Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) yang terjadi di Kelurahan Lubuk Minturun Sungai Lareh Kota Padang. Penelitian dilakukan pada bulan Juli – Agustus 2022 dengan menggunakan pendekatan kualitatif. melalui metode korelasi dan regresi menggunakan SPSS. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probabilistik yaitu Proportional Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan secara Observasi (Pengamatan lokasi penelitian rapat vegetasi dan jarang vegatasi), Wawancara dengan instansi terkait, Pengukuran kualitas udara ambien dan jumlah kendaraan yang melintas di 10 titik serta pengujian gangguan fungsi paru masyarakat sebagai indikasi Infeksi Saluran Pernafasan akut (ISPA) terhadap 100 orang sampel. Hasil penelitian menunjukan bahwa lokasi padat permukiman berpengaruh terhadap penurunan kualitas udara ambien. Sementara untuk kualitas udara parameter debu PM10, Gas CO dan NO2 memiliki hubungan yang signifikan terhadap jumlah kendaraan dengan p < 0,05 sedangkan gas SO2 tidak terdapat hubungan dengan jumlah kendaraan bermotor yang melintas. Analisa multivariat variabel PM10, CO, SO2 dan NO2 yang mempengaruhi terhadap peningkatan gangguan fungsi paru (ISPA) yaitu sebesar 41,8 %. Dengan demikian kualitas udara akibat peningkatan jumlah kendaraan bermotor perlu dikelola secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyah, NurhasanUNSPECIFIED
CorrectorRazal, AbdulUNSPECIFIED
CorrectorIswandi, IswandiUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Lingkungan-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 17 Apr 2024 02:55
Last Modified: 17 Apr 2024 02:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51171

Actions (login required)

View Item View Item