Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP

Fadjri, Anggi Angguna (2023) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_ANGGI_ANGGUNA_FADJRI_17205005_3516_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Masalah yang ditemukan dilapangan yaitu rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik, penyusunan perangkat pembelajaran matematika yang masih belum sesuai dengan karakteristik peserta didik. Untuk itu, telah dirancang sebuah penelitian pengembangan perangkat pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik perangkat pembelajaran berbasis Pendekatan Kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VIII semester I SMP/MTs yang valid, praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Plomp yang terdiri dari tiga tahapan yaitu Investigasi awal (preliminary research phase), tahapan pengembangan atau pembuatan prototipe (development or prototyping phase) dan tahap penilaian (asssessment phase). Pada tahap pengembangan dilakukan perancangan dan penilaian perangkat pembelajaran melalui tahap-tahap evaluasi formatif. Subjek uji lapangan yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 4 Payakumbuh Tahun Pelajaran 2021/2022. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi RPP, lembar validasi LKPD, angket respon guru, angket respon peserta didik, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes. Sebelum instrumen digunakan untuk mengumpulkan data, instrumen terlebih dahulu divalidasi oleh validator. Hasil penelitian ini menunjukan perangkat yang dikembangkan valid dengan skor rata-rata kevalidan 0,862 untuk RPP dan 0,965 untuk LKP, praktis dengan skor rata-rata kepraktisan 91,92 % dan efektif dengan ketuntasan penguasaan materi sebanyak 82,89%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorAsmar, AliUNSPECIFIED
CorrectorSyarifuddin, HendraUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 17 Apr 2024 02:41
Last Modified: 17 Apr 2024 02:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51163

Actions (login required)

View Item View Item