Hubungan Penggunaan Masker TerhadapTimbulnya Kelainan Kulit Wajah pada Tenaga Kerja Disalon Kecantikan Kecamatan Padang Barat

Agustina, Viyola (2023) Hubungan Penggunaan Masker TerhadapTimbulnya Kelainan Kulit Wajah pada Tenaga Kerja Disalon Kecantikan Kecamatan Padang Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1-2_VIYOLA_AGUSTINA_18078084_5106_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya tenaga kerja yang mengalami permasalahan kulit wajah yang bervariasi, yang paling banyak ditemui yaitu penyakit jerawat yang cenderung hilang timbul. Beberapa tenaga kerja tersebut juga mengalami ketidaksesuaian dengan masker yang menyebabkan timbulnya alergi (hipersensitivitas). Selain itu, para tenanga kerja mengalami keluhan seperti kulit kemerahan, pembengkakan dan rasa gatal. Penggunaan masker ini dikarenakan tuntutan dalam pekerj aan yang mengharuskan mereka menggunakan masker dalam jangka waktu yang cukup lama berkisar 5-6 jam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan penggunaan masker terhadap kelainan kulit wajah pada tenaga kerja di salon kecantikan Kecamatan Padang Barat, serta untuk mengetahui cara penggunaan masker, untuk mengetahui prevalesi, dan untuk mengetahui hubungan antara penggunaan masker terhadap kelainan kulit wajah pada tenaga kerja di salon kecantikan Kecamatan Padang Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang didapat langsung dari responden dengan menyebarkan angket dan data sekunder yang diperoleh secara tidak langsung dari objek melainkan dengan memanfaatkan data yang telah ada di salon seperti julah tenaga kerja. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya hubungan durasi penggunaan masker terhadap timbulnya kelainan kulit wajah pada tenaga kerja di salon Kecamatan Padang Barat, serta tidak terdapat hubungan yang sigmifikan antara jenis masker, cara penggunaan masker, dan frekuensi penggantian masker terhadap timbulnya kelainan kulit wajah pada tenaga kerja di salon kecantikan Kecamatan Padang Barat. Sebanyak 51,6% responden tenaga kerja di salon kecantikan Kecamatan Padang Barat dikategorikan sedang dalam mengetahui cara penggunaan masker. Sebanyak 83,9% Tenaga kerja tersebut menggunakan masker dengan durasi kurang dari 4 jam dan dominan dari mereka melakukan penggantian masker 1 kali dalam sehari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMinerva, PrimaUNSPECIFIED
CorrectorRosalina, LindaUNSPECIFIED
CorrectorNovelni, RinggaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2024 03:41
Last Modified: 05 Apr 2024 03:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51156

Actions (login required)

View Item View Item