Kelayakan Masker Gel Pell-Off Dari Ekstrak Kulit Jeruk Gunung Omeh (Citrus Nobilis Lour) Untuk Perawatan Kulit Wajah Menua (Anti Aging)

Dzikra, Savira Zanni (2023) Kelayakan Masker Gel Pell-Off Dari Ekstrak Kulit Jeruk Gunung Omeh (Citrus Nobilis Lour) Untuk Perawatan Kulit Wajah Menua (Anti Aging). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1-2_SAVIRA_ZANNI_DZIKRA_19078073_4866_2023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perawatan kulit menua ( anti aging) adalah tindakan perawatan mempengaruhi kondisi kulit seperti menyamarkan kerut-kerut kulit dan sel kulit yang mengelupas atau sel tanduk yang sudah mati, sehingga terj adi pembaharuan sel-sel kulit. Perawatan kulit wajah anti aging dilakukan untuk mencegah terjadinya penuaan dini. Salah satu jenis kosmetik yang digunakan yaitu masker gel peel-off yang terbuat dari kulit jeruk gunung omeh, yang mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Maka dari itu tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui kelayakan masker gel pell-offkulit jeruk gunung omeh ditinjau dari uji laboratorium (uji kadungan), uji organoleptik (Tekstur,aroma,daya lekat) dan uji hedonik (kesukaan panelis). Penelitian ini menggunakan pendekatakan deskriptif kuantitatif dengan desaian eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, dokumentasi dan lembar observasi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kulit jeruk gunung omeh. Variabel terikat dalam penelitian ini kandungan yang terdapat dalam kulit j eruk gunung omeh dengan hasil j adi masker gel peel-off, uji organoleptik meliputi tekstur dan aroma, dan kesukaan panelis (uji hedonik). Hasil penelitian yang diperoleh dari uji kandungan vitamin C yaitu 0,50% dari lOOgr sampel danflavonoid terdapat yaitu 1,91 % dari lOOgr sampel, yang diuji berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari radikal bebas. Uji organoleptik dan uji hedonik menunjukkan masker gel peel-off bertekstur kental, kurang beraroma, berdaya lekat lekat dan disukai panelis. Dengan demikian masker gel peel-offkulit jeruk gunung omeh layak digunakan untuk perawatan kulit wajah menua (anti aging).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Scientific advisorRosalina, LindaUNSPECIFIED
CorrectorAstuti, MurniUNSPECIFIED
CorrectorMinerva, PrimaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2024 03:05
Last Modified: 05 Apr 2024 03:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51151

Actions (login required)

View Item View Item