Kelayakan Serat Lidah Mertua Hijau tSansevieria Javanica) Sebagai Bahan Pembuatan Bulu Mata Palsu Untuk Rias Wajah Malam Hari

Safiinatunnajah, Safiinatunnajah (2023) Kelayakan Serat Lidah Mertua Hijau tSansevieria Javanica) Sebagai Bahan Pembuatan Bulu Mata Palsu Untuk Rias Wajah Malam Hari. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B.1-2_SAFIINATUNNAJAH_19078072_4879_2023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya altematif lain bahan baku pembuatan bulu mata palsu selain rambut asli manusia dan sintetis. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis kelayakan serat lidah mertua hijau (sansevieria javanica) sebagai bahan pembuatan bulu mata palsu untuk rias wajah malam hari dilihat dari uji laboratorium, uji organoleptik produk, uji hedonik produk, uji organoleptik pengaplikasian dan uji hedonic pengaplikasian Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang berdesain pre experimental ( One-Shot Case Study). Objek penelitian yaitu bulu mata palsu dari serat lidah mertua hijau. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Tata Rias dan Kecantikan UNP. Penelitian berlangsung pada April-Juni 2023. Metode pengumpulan data yaitu dengan observasi, dokumentasi dan kuesioner yang disusun menggunakan skala likert. Penilaian produk bulu mata palsu dinilai oleh 3 orang panelis ahli yang berasal dari industri dan penilaian pengaplikasian oleh 7 orang panelis dengan rincian 2 panelis yang berasal dari industri MUA, 2 panelis dari dosen Tata rias dan kecantikan dan 3 panelis yang berasal mahasiswa TRK UNP 2019. Analisis data menggunakan deskriptif presentase dan presentase rata-rata. Hasil uji laboratorium serat lidah mertua hijau diperoleh hasil daya tarik dengan rata-rata kekuatan 41,98 g/tex dan uji modulus elastisitas memperoleh nilai mulur 1,30 tex. Uji organoleptik kelentikan produk 67% lentik. Uji organoleptik keringanan produk 67% ringan . Uji Organoleptik kerapian produk 67% cukup rapi. Uji Hedonik kesukaan panelis terhadap produk 100% suka. Uji organoleptik kerapian 75% rapi. Uji organoleptik bentuk bulu mata 76% sesuai. Uji organoleptik kelentikan 76% lentik. Uji organoleptik ketepatan pengaplikasian 79% tepat. Uji hedonik terhadap kesukaan panelis 81 % sangat suka. Kesimpulan penelitian kelayakan serat lidah mertua hijau (sansevieria javanica) sebagai bahan pembuatan bulu mata palsu untuk rias wajah malam hari dinyatakan layak berdasarkan uji laboratorium serat, uji organoleptik produk, uji hedonik produk, uji organoleptik pengaplikasian dengan perolehan rata-rata presentase 76,5%, dan dinyatakan layak berdasarkan uji hedonik pengaplikasian dengan perolehan rata-rata presentase 81 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEfrianova, ViviUNSPECIFIED
CorrectorHayatunnufus, HayatunnufusUNSPECIFIED
CorrectorYanita, MeritaUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2024 03:05
Last Modified: 05 Apr 2024 03:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51150

Actions (login required)

View Item View Item