Diskriminasi Gender dalam Novel 5 Kelopak Mawar Berbisa Karya Ria Jumriati dan Novel Kapak Karya Dewi Linggasari: Kritik Sastra Feminis

Muchtar, Roza (2023) Diskriminasi Gender dalam Novel 5 Kelopak Mawar Berbisa Karya Ria Jumriati dan Novel Kapak Karya Dewi Linggasari: Kritik Sastra Feminis. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_ROZA_MUCHTAR_21174022_800_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk diskriminasi gender terhadap perempuan dalam novel 5 Kelopak Mawar Berbisa karya Ria Jumriati, (2) bentuk diskriminasi gender terhadap perempuan dalam novel Kapak karya Dewi Linggasari, dan (3) perbandingan diskriminasi gender terhadap perempuan dalam novel 5 Kelopak Mawar Berbisa karya Ria Jumriati dan novel Kapak karya Dewi Linggasari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan tipe analisis isi. Penelitian ini menggunakan pendekatan mimesis yang sejalan dengan teori sosiologi sastra, dengan kritik sastra feminis sebagai pisau analisis. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, novel 5 Kelopak Mawar Berbisa karya Ria Jumriati dan novel Kapak karya Dewi Linggasari. Data penelitian ini adalah paparan narator dan tuturan tokoh yang merujuk pada sikap atau pernyataan yang mengandung unsur diskriminasi gender yang terdapat dalam novel 5 Kelopak Mawar Berbisa karya Ria Jumriati dan novel Kapak karya Dewi Linggasari. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik baca dan catat. Teknik penganalisisan data dilakukan dengan empat langkah di antaranya (1) mengklasifikasi data diskriminasi gender yang terdapat dalam kedua novel menggunakan format klasifikasi data, (2) menginterpretasi atau memaknai data diskriminasi gender yang terdapat dalam kedua novel, (3) menarik dan membuat simpulan sesuai dengan data yang dianalisis, dan (4) Membuat laporan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, ditemukan bentuk diskriminasi gender terhadap perempuan dalam novel 5 Kelopak Mawar Berbisa karya Ria Jumriati berupa marginalisasi, subordinasi, stereotip, beban kerja ganda, dan kekerasan yang diterima oleh perempuan jugun ianfu di Jawa. Kedua, ditemukan bentuk diskriminasi gender terhadap perempuan dalam novel Kapak karya Dewi Linggasari berupa marginalisasi, subordinasi, stereotip, beban kerja ganda, dan kekerasan. Ketiga, pada kedua novel ini ditemukan perbedaan bentuk diskriminasi gender terhadap perempuan jugun ianfu di Jawa dan perempuan suku Asmat yang didasarkan pada lima aspek bentuk diskriminasi gender. Diskriminasi gender dalam novel 5 Kelopak Mawar Berbisa tidak hanya berasal dari laki-laki saja, namun perempuan juga ikut andil dalam mendiskriminasi sesama perempuan. Sementara itu, diskriminasi gender dalam novel Kapak tidak hanya berasal dari laki-laki saja, namun aturan adat yang berlaku di masyarakat juga turut serta mendiskriminasi perempuan Asmat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNurizzati, NurizzatiUNSPECIFIED
CorrectorErmanto, ErmantoUNSPECIFIED
CorrectorSyahrul R, Syahrul RUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa danSastra Indonesia-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 04 Apr 2024 08:03
Last Modified: 04 Apr 2024 08:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/51139

Actions (login required)

View Item View Item